129 Senin, 11 November 2013 | 11:37:09

Minim RTH, Roof Garden Wajib Bagi Mal & Hotel

Minim RTH, Roof Garden Wajib Bagi Mal & Hotel

Kian pesatnya perkembangan hotel dan mal di Solo tak diimbangi dengan keberadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Kepala Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan Hidup Badan Lingkungan Hidup Kota Solo, Luluk Nurhayati mengatakan, penurunan kualitas lingkungan menjadi isu global, termasuk juga  di kota Solo. Meski belum begitu memasuki tahap yang berbahayan setidaknya patut untuk diwaspadai terkait isu lingkungan tersebut.

Berkaca pada  UU nomor 26/2007 tentang Penataan Ruang Terhadap Penyediaan RTH, disebutkan jika ketersediaan RTH di perkotaan minimal 30 persen dari seluruh luas lahan perkotaan, meliputi 20 persen RTH pada ruang publik dan 10 persen RTH pada ruang privat.

Sehingga dengan berkaca UU tersebut diakui Luluk Nurhayati bila  RTH di Kota Solo masih jauh dari yang disyaratkan.

"Kenyataannya sekarang masih di bawah angka itu. Untuk ruang publik masih berada pada 12 persen, sedangkan untuk ruang privat juga masih berada di bawah angka yang dipersyaratkan," jelasnya kepada wartawan, di Solo, Jawa Tengah.

Soal penghijauan bisa disiasati dengan menghimbau kepada pemilk lahan privat bisa membuat taman vertikal dengan dinding bangunan sebagai media tanam yang bisa di isi dengan tumbuhan merambat. Dengan begitu  RTH tetap tercapai meski lahannya sempit.
 
"Bagi pengusaha perhotelan dan mal dengan memanfaatkan ruang yang tersisa untuk dibangun roof garden atau atau taman pada atap bangunan agar terlihat teduh dan tidak kaku," pungkasnya. (nia)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita