122 Senin, 28 Oktober 2013 | 11:05:11

Harga Anjlok, Sektor Properti Hongkong Negatif!

Harga Anjlok, Sektor Properti Hongkong Negatif!

Barclays Plc menetapkan peringkat negatif pada sektor properti Hongkong. Kota ini mengalami kejatuhan harga nyaris di semua sub sektor, terutama hunian dan perkantoran. Lembaga ini memprediksi harga hunian Hongkong bakal anjlok sebesar 30 persen pada akhir 2015 nanti, seiring melorotnya pertumbuhan pendapatan rumah tangga. Sementara di sisi lain, pasok hunian justru meningkat.

Apa yang akan terjadi pada dua tahun mendatang, lanjut Barclays, merupakan kejatuhan nyata sejak 1998 lalu. Ini tak bisa diabaikan, saat harga hunian menurun selama periode enam tahun.

Analisa Barclays diperkuat beberapa broker, termasuk di antaranya UBS AG, Bank of America Corp dan Jefferies Group LLC. Mereka memperkirakan bulan ini harga rumah di kota itu akan jatuh setidaknya 20 persen hingga tahun depan.

Harga properti Hongkong telah mengalami lonjakan hingga dua kali lipat sejak awal 2009, rendahnya suku bunga KPR, kurangnya pasokan serta arus pembeli dari China daratan, mendorong pemerintah kota mengambil langkah-langkah pendinginan.

Seperti diketahui otoritas setempat telah menerapkan pajak ekstra atas transaksi properti dan memperketat persyaratan pinjaman kredit sejak 2010 untuk memadamkan kehawatiran "ledakan" properti.

Sejatinya, perlambatan pertumbuhan pasar properti tak hanya terjadi di Hongkong, fenomena serupa juga tengah dialami  Indonesia, Singapura, dan beberapa negara lainnya.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita