186 Jum'at, 25 Oktober 2013 | 14:11:47

Kampus Khusus Perempuan di Arab Miliki 8 Gedung

Kampus Khusus Perempuan di Arab Miliki 8 Gedung

Arab Saudi akhirnya melansir foto pertama dari kampus khusus perempuan terbesar di dunia, Princess Nora Bint Abdurahman University (PNU). Kampus yang berlokasi di Riyadh dengan luas 809 hektare (2.000 acre) ini mampu menampung 60 ribu mahasiswi. Secara desain, kampus ini menawarkan konsep arsitektur Arab tradisional dengan desain kontemporer, bangunan berkelanjutan dengan sertifikat bangunan hijau, LEED.

PNU disebut memiliki delapan college dengan 800 bangunan. Kampus yang berdiri pada 1970 ini baru direnovasi pada 2009. Dipimpin oleh Perkins + Will dan Dar AL-Handasah, ratusan arsitek dan insinyur terlibat dalam renovasi bangunan dengan durasi 25 bulan. Lamanya waktu renovasi PNU menjadi rekor tersendiri di Arab Saudi.

Bangunan modern ini dilengkapi material baja daur ulang, logam, dan dinding tirai. Setiap bangunan diposisikan dengan hati-hati untuk memaksimalkan cahaya matahari guna efisiensi energi. Tahun lalu, universitas meluncurkan 'pabrik' tenaga surya terbesar di dunia.

Sistem tenaga surya ini dibangun di kampus dengan luas sembilan acre (empat hektare) sehingga mengukuhkan nama universitas sebagai kampus paling berkelanjutan di Arab. Selain itu, empat bangunan kampus sejauh ini menerima sertifikasi LEED GOld.

Sebagai material bangunan, digunakan bahan besi. Tahun lalu, PNU disebut memiliki kampus dengan sumber energi dari sinar matahari terbesar di dunia. Bayangkan, untuk menyerap sinar matahari menjadi energi, ada 9 acre sistem yang dipasang di atap. Demikian seperti dikutip dari Inhabitat, Kamis (24/10/2013).

Kampus yang indah ini melambangkan kekuatan dan feminin. Elemen tradisional yang diselipkan di bangunan kampus adalah bahasa Arab yang rumit, Mashrabiya. Kolam dan air mancur, serta vegetasi melengkapi tampilan kampus dominasi putih ini menjadi tenang dan indah. (wdi)    

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita