272 Kamis, 24 Oktober 2013 | 16:56:52

Dikritik..Kuil China Ganti Lukisan Kuno dengan Kartun Disney!

Dikritik..Kuil China Ganti Lukisan Kuno dengan Kartun Disney!

Sebuah kuil China telah menghancurkan beberapa lukisan dinding kuno yang tak ternilai harganya dengan mengecat lukisan-lukisan itu seperti adegan kartun Disney. Karya seni asli Buddha di Candi Yunjie di Provinsi Liaoning, China, ini diyakini telah diciptakan sekitar 270 tahun lalu selama awal kekuasaaan Dinasti Qing. Lukisan-lukisan dinding itu kini telah memudar dan tampak buruk selama bertahun-tahun. Pimpinan kuil tersebut telah mendekati perusahaan untuk melaksanakan restorasi dengan biaya mencapai 4 juta yuan atau sekitar Rp 7.352.201.156.

Ternyata, badan wisatawan lokal telah menyewa kontraktor untuk melaksanakan pekerjaan yang hanya melukis di atas lukisan aslinya dengan cara terkesan norak, yaitu lukisan kartun menyerupai tokoh yang menggambarkan adegan dari mitos Tao. Ketika pihak berwenang dari pemerintah kota Chaoyang menemukan pekerjaan itu, mereka mengaku "ngeri". Tak heran, dua pejabat yang dianggap bertanggung jawab atas pekerjaan itu kini telah dipecat.

"Mengingat bangunan candi terutama terbuat dari jerami dan tanah, dan mereka perlu dipertahankan," ujar Li Haifeng, Wakil Sekretaris Jenderal Pemerintah Kota Chaoyang.

Li mengatakan, kepala kuil telah bertemu sebuah perusahaan untuk memulai pekerjaan restorasi ini. Untuk pekerjaan itu dibutuhkan sekitar 4 juta yuan atau sekitar Rp 7.352.201.156. Tetapi, pihak manajemen kuil tidak punya uang sebanyak itu.

"Jadi, pemimpibn kuil itu membantu mengumpulkan dana untuk memulihkan kuil," ujar Li.

Terkait hal ini, pengguna iinternet di situs mikro blogging Weibo mengeluhkan ulah "lukisan Disney" tersebut. Mereka mengkritik, branding lukisan baru itu bahkan lebih buruk daripada kartun.

Salah satu pengguna menulis, "Sebagai seorang pria dari Chaoyang, saya sungguh-sungguh merasa otak beberapa orang itu telah ditendang oleh seekor keledai".

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita