97 Kamis, 24 Oktober 2013 | 11:52:52

Menteri PU: 23 Persen Penduduk Kota Tinggal di Kawasan Kumuh

Menteri PU: 23 Persen Penduduk Kota Tinggal di Kawasan Kumuh

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Kamis 24 Oktober 2013, menyatakan bahwa saat ini separuh dari 240 juta penduduk Indonesia tinggal di kawasan perkotaan. Dengan laju urbanisasi 1,7 persen per tahun, diperkirakan tahun 2025 penduduk Indonesia yang tinggal di perkotaan akan mencapai 68 persen. Fenomena ini, menurut Djoko, semakin meningkatkan kepadatan penduduk perkotaan. Di sisi lain luas lahan perkotaan amat terbatas.

"Hal ini mengakibatkan 23 persen penduduk perkotaan masih tinggal di pemukiman kumuh," ujar Djoko dalam sambutan pembukaan acara peringatan Hari Habitat sedunia di Jakarta.
Pemukiman kumuh ini dicirikan dengan rendahnya kualitas hunian dan sarana serta prasarana perkotaan yang terbatas.

Perbanyak Rusunawa
Pemerintah, Djoko melanjutkan, berupaya menghilangkan pemukiman kumuh pada tahun 2020. Oleh karena itu, pembangunan hunian layak gencar dilakukan termasuk membangun 225 twinblock rusunawa di berbagai kota.

Selain itu ada juga program fasilitas dan sarana umum untuk peningkatan kualitas pemukiman di 1.142 kawasan kumuh.

Langkah yang sudah dicanangkan pemerintah antara lain berupa pengembangan sistem penyediaan air minum untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang telah dibangun di 1.079 kawasan dan sistem air limbah komunal di 1.638 kawasan. (ren)

Sumber : Viva news

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita