111 Sabtu, 19 Oktober 2013 | 17:32:04

Ingin Investasi Properti? Tengok 3 Kota Ini

Ingin Investasi Properti? Tengok 3 Kota Ini

Dipilihnya Kota Edinburgh, Skotlandia oleh pebisnis properti bukan tanpa tanpa alasan. Kota kecil ini menjadi terkenal karena berjarak 40 kilometer (km) dari Glasgow, Inggris. Hal ini disampaikan oleh sebuah perusahaan investasi properti, IP Global. Demikian seperti dilansir dari CNBC, Sabtu (19/10/2013).

Selain itu, pasar properti di seluruh Inggris juga mengalami kenaikan mengikuti jejak London. Harga rumah di Inggris mengalami kenaikan pada bulan September sekitar 0,5 persen per tahun.

Perusahaan properti di Skotlandia, Rettie & Co, dalam laporannya bulan September mengatakan harga perumahan di Kota Edinburg relatif datar dalam beberapa tahun terakhir. Sebaliknya, harga sewa rumah dilaporkan meningkat secara konsisten dalam empat tahun terakhir.

Dalam laporan juga tertulis kalau harga sewa di beberapa daerah juga mengalami peningkatan sebesar 10-18 persen selama dua tahun terakhir.

Selain Edinburgh, Tokyo juga mempunyai potensi sebagai kota tujuan bagi para investor properti. IP Global mengatakan, dengan harga properti yang masih di bawah  harag pasaran, dan yen yang melemah, sementara hasil sewa yang diproyeksi naik signifikan dalam tiga tahun ke depan membuat harapan pasar propertinya untuk berkembang.

Menurut data resmi dari pemerintah Jepang, dibanding tahun sebelumnya harga perumahan di Tokyo naik sekitar 8,8 persen pada bulan Agustus, dan jumlah perusahaan konstruksi juga bertambah sekitar 21,4 persen per tahun.

"Harga properti di Tokyo diprediksi akan naik selama beberapa tahun ke depan karena Tokyo dijadwalkan akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 nanti," kata Chief Officer IP Global Singapura, Alex Bellingham.

Kota "hot market" para investor properti adalah Dubai. Setelah sebelumnya mengalami hal spektakuler, yakni bubble properti pada tahun 2008-2009 yang membuatnya menjadi terkenal. "Pasar properti yang meningkat, dan pengembang swasta dan pemerintah telah banyak meluncurkan miliaran dolar dalam beberapa proyek baru," kata Bellingham.

Tapi, para investor disarankan juga harus tetap berhati-hati. Pemerintah Dubai juga mengkhawatirkan tentang seberapa "panas" pasar properti di Dubai. Bahkan IP Investor juga memperingatkan agar para investor berhati-hati dengan terjadi "gelembung" properti. (wdi)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita