248 Kamis, 17 Oktober 2013 | 18:16:57

10 Stadion Mengesankan di Dunia

10 Stadion Mengesankan di Dunia

Ada banyak stadion yang megah, mengagumkan dan mengesankan di seluruh dunia. Banyak peristiwa atau pertandingan bersejarah tercatat disana. Berikut ini adalah 10 stadion yang peling mengesankan di seluruh dunia.
 
1. Santiago Bernabeu
Urutan 10 stadion mengesankan diawali oleh Stadion Santiago Bernabeu, markas klub sepakbola raksasa, ternama, dan termahal, dengan pemain sepakbola terbaik dan berkelasReal Madrid. Stadion yang terletak di kota Madrid, Spanyol ini berkapasitas 85 ribu penonton ini memang sangat mengagumkan, mewah dan luar biasa dengan warna biru-putih. Lihat saja penampilannya, begitu megah ditambah dengan fasilitas kenyamanan yang terus ditingkatkan seperti ruang VIP, ruang pers baru, sistem audio baru, lift panorama, restoran baru, eskalator menuju akses menara, ruang pemanasan yang terintegrasi di tribun dan masih banyak lagi. Sehingga tidak mengherankan jika UEFA menyematkan gelar Santiago Bernabeu adalah stadion elit. Berbagai pertandingan besar dan bergengsi pernah digelar di stadion yang juga menjadi kebanggaan timnas Spanyol, empat kali menjadi tuan rumah final Piala Eropa, Piala Dunia tahun 1982 dan yang terakhir final Liga Champions tahun 2010.
 
2. Estadio Azteca
Estadio Azteca adalah stadion kebanggaan Meksiko dan menjadi markas resmi timnas Meksiko. Stadion yang terletak di Mexico City, ini mencatat sejarah pertandingan Piala Dunia tahun 1986 antara Argentina vs Inggris, dimana pemain Diego Maradona, mencetak gol hits yang fenomenal yang dijuluki “Hand of God goal” dan “Goal of the Century”. Estadio Azteca berkapasitas 104 ribu penonton, dilengkapi dengan sistem pencahayaan yang modern. Stadion ini juga digunakan untuk konser musik, penyanyi bertaraf internasional telah menggelar konser di stadion yang mengesankan ini, sebut saja Michael Jackson, U2, Gloria Estefan, Nsync, Hanson, The Three Tenors dan masih banyak lagi.
 
3. Eden Gardens Cricket Stadium
Urutan berikutnya ada Eden Gardens Cricket Stadium sebagai stadion yang mengesankan selanjutnya. Stadion ini adalah markas dari tim kriket dari Indian Cricket Team, Bengal Cricket Team dan Kolkata Knight Riders. Stadion yang terletak di Kolkata, India, telah berdiri sejak 1864 dan berkapasitas 90 ribu penonton dan menjadi stadion kriket terbesar kedua di dunia. Stadion ini menjadi ikon pertandingan kriket di India.
 
4. Old Trafford
Diurutan selanjutnya ada Old Trafford sebagai stadion yang mengesankan di dunia. Siapa yang tidak tahu stadion kebanggaan tim sepakbola papan atas di benua Eropa ini, berkapasitas 75 ribu penonton. Old Trafford seperti yang kita tahu adalah kandang dari tim Manchester United. Tidak terhitung banyaknya pertandingan besar dan bergengsi yang pernah digelar di stadion ini dan tidak pernah sepi dari penonton. Old Trafford telah mengalami ekspansi dan perbaikan untuk menjadi stadion kebanggaan dan ikon Inggris pada umumnya dan MU pada khususnya.
 
5. Yankee Stadium
Bisbol atau baseball adalah salah satu olahraga favorit orang Amerika, mereka sangat menggemari tim-tim bisbol kesayangan mereka, salah satunya adalah tim New York Yankees yang bermaskas di Yankee Stadium. Stadion yang terletak di kota Bronx, New York, AS ini dapat menampung 50 ribu penonton duduk dan 52 ribu penonton berdiri. Pemain bisbol hebat pernah berada di sana seperti J. DiMaggio yang beberapa kali mencetak rekor yang masih bertahan, yang mungkin paling dikenal selama 56 pertandingan.
 
6. Camp Nou
Diposisi kelima top 10 stadion yang mengesankan adalah Camp Nou. Camp Nou adalah kandang dari klub elit Spanyol dan benua Eropa, FC Barcelona. Stadion kebanggaan para Azulgranas ini berkapasitas 99 ribu penonton. Disetiap pertandingan di kandang Barca, stadion ini selalu meriah dengan warna-warna yang atraktif seperti biru, merah dan kuning yang menjadi ciri khas tim Barcelona.
   
7. Bird’s Nest
Bird’s Nest atau Stadion Sarang Burung adalah stadion nasional Cina yang terletak di kota Beijing, Cina. Stadion ini memiliki desain yang unik mirip dengan sarang burung dan dibangun untuk pegelaran pesta olahraga akbar seluruh dunia, Olimpiade 2008 yang diselenggarakan di Beijing. Stadion ini menghabiskan dana 423 juta USD dan dirancang oleh perusahaan Herzog & de Meuron asal Swiss. Stadion ini didesain dengan lempengan-lempengan baja yang disusun secara acak sehingga tampak seperti sarang burung yang kokoh, kuat, megah serta mengesankan.
 
8. National Aquatics Center/Water Cube
Seperti Bird’s Nest, stadion atau akuatik center ini dibangun untuk keperluan Olimpiade 2008 di Beijing. Bangunan ini sangat unik, karena akan digunakan sebagai akuatik center, idenya adalah membuat bangunan yang menyerupai gelembung-gelembung air (bubble). Maka dibuatlah Water Cube yang dindingnya terbuat dari panel-panel gelembung plastik yang telah teruji ketahanannya. Bagaimana jika terjadi kebakaran? Water Cube menggunakan ETFE, yang apabila terjadi kebakaran maka api tidak akan menyebar dan meluas, hanya akan meleleh dipinggirannya. Teknologi ini juga digunakan oleh stadion paling bergengsi dan mengesankan di dunia, Allianz Arena.
 
9. Sapporo Dome
Sapporo Dome adalah stadion yang mengesankan dan berdesain unik. Sapporo Dome terletak di Sapporo, Hokaido, Jepang adalah stadion dimana tempat berlangsungnya Piala Dunia 2002 dan baru dibuka pada Juni 2001. Atap dari stadion ini berbentuk dome atau kubah yang aerodinamis dan permukaan stadion ini dapat diganti. Permukaan lapangan rumput digunakan untuk pertandingan sepakbola dan permukaan rumput sintesis untuk pertandingan bisbol. Kursi di stadion ini pun dapat bergerak dan berubah posisi tergantung dari pertandingan yang sedang berlangsung saat itu. Penampilan dan fasilitas serta fitur stadion ini sangat menggambarkan kecanggihan desain.
   
10. Allianz Arena
Allianz Arena adalah stadion kebanggaan warga Jerman. Desain stadion ini sangat unik dan mengesankan karena pertama di dunia yang dapat mengubah warna luar dari stadion yang megah ini. Allianz Arena yang terletak di Munich, Jerman digunakan untuk Piala Dunia 2006 dan dapat menampung 66 ribu penonton serta menjadi markas dari tim Bayern Munich. Seperti Bird’s Nest di China, Allianz Arena juga dirancang oleh Herzog & de Meuron, dengan menciptakan sesuatu yang baru yaitu diding luar dari stadion ini menggunakan material dari plastik atau ETFE. Dan memungkinkan arsitek untuk mengubah tampilan stadion dengan menyesuaikan pencahayaan. Allianz Arena memadukan antara olahraga dan teknologi cahaya, sehingga menghasilkan karya yang luar biasa.
 
Sumber : top10

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita