299 Selasa, 01 Oktober 2013 | 14:32:14

10 Bangunan Indah dan Menakjubkan di Taiwan

10 Bangunan Indah dan Menakjubkan di Taiwan

Taiwan dengan ibukotanya Taipei di abad 19 dan 20 ini sedang mengalami apa yang disebut dengan "Ledakan Ekonomi". Tak heran bila negara tersebut disebut sebagai macan asia, perkembangan di bidang ekonomi juga mendorong perkembangan di bidang arsitektur sehingga lahirlah bangunan-bangunan indah dan menakjubkan seperti berikut ini...

1. Taipei 101


  Taipei 101 adalah gedung pencakar langit setinggi 101 tingkat di Distrik Xinyi, Taipei, Taiwan. Nama resminya adalah Gedung Finansial Internasional Taipei. Menara ini menjadi gedung tertinggi kedua di dunia (yang pertama adalah Burj Khalifa, di Dubai, Uni Emirat Arab). Gedung baru ini adalah salah satu pencakar langit yang paling maju yang pernah dibuat sampai sekarang. Gedung ini memiliki keunggulan yaitu fiber optik dan hubungan internet satelit yang dapat mencapai kecepatan 1 gigabyte per detik.

2. Balai Peringatan Chiang Kai-shek

     Bangunan ini digunakan untuk memperingati mantan presiden Republik Cina Chiang Kai-shek yang terletak di Taipei, Taiwan. Pada tanggal 19 Mei 2007, nama balai peringatan ini diganti oleh Departemen Pendidikan Republik China menjadi Balai Peringatan Demokrasi Taiwan. Tindakan ini adalah langkah lebih lanjut dari serangkaian usaha pemerintah Chen Shuibian untuk menghilangkan pengaruh Chiang Kai-shek dalam sendi-sendi kehidupan politik dan sosial di Taiwan. Chiang Kai-shek dianggap sebagai lambang pemerintahan otoriter dan diktatorial yang menjadi simbol anti-demokrasi.

3. Menara Tuntex

     Menara Tuntex atau T & C Tower (Tuntex & Chien-Tai Tower) adalah sebuah pencakar langit di Kaoshiung, Taiwan. Terletak di distrik Ling Ya, dengan 85 lantai, bangunan ini memiliki ketinggian 347 meter, tanpa antena dan 378 meter bersama dengan antena. Karena jumlah lantainya ini, menara ini juga terkenal sebagai Gedung 85.

     Bangunan ini dibangun dari 1994 sampai 1996 dan dibuka pada 1997. Gedung ini sekarang merupakan gedung tertinggi ke-2 di Taiwan, setelahTaipei 101.

4. National Theater and Concert Hall


     Terletak di pusat kota Taiwan, distrik Boai, National Theater and National Concert Hall (NTCH) adalah bangunan kembar untuk pertunjukan seni di Distrik Zhongzheng, Taipei, Taiwan. Memiliki desain arsitektur klasik istana khas China, bangunan NTCH memberikan perpaduan suasana masa lalu dan artistik khas China.

     NTCH terletak di kawasan Chiang Kai Shek Memorial Hall, sebuah kawasan monumental yang didirikan untuk mengenang mantan Presiden Republik China dan pendiri negara Taiwan. Selesai dibangun pada tahun 1987, NTCH adalah situs utama dari seni pertunjukan nasional di Taiwan. Bangunan kembar ini teletak, masing-masing di sisi selatan dan utara Liberty Square di depan Chiang Kai-shek Memorial Hall.

5. Balai Peringatan Dr. Sun Yat-sen

     Adalah sebuah bangunan yang diperuntukkan untuk memperingati Dr. Sun Yat-sen selaku bapak proklamator Republik Cina. Balai peringatan ini sebenarnya lebih berfungsi sebagai balai vitalisasi kebudayaan dan kesenian.

     Mulai dibangun pada tahun 1969 dan selesai pada tahun 1972, pembukaan balai ini diresmikan sendiri oleh presiden waktu itu, Chiang Kai-shek. Balai ini berlokasi di Distrik Hsin-yi, di samping kompleks Pusat Perdagangan Internasional Taipei.

6. Masjid Agung Taipei

     Masjid Agung Taipei adalah masjid terbesar dan termasyhur di Taiwandengan jumlah wilayah keseluruhan 2.747 meter persegi. Mesjid ini terletak di distrik Daan, Kota Taipei. Mesjid ini adalah bangunan Islam terpenting di Taiwan dan dicatat sebagai landmark bersejarah pada tanggal 26 Juni 1999 oleh pemerintahan kota Taipei

7. Pintu Gerbang Balai Peringatan Chiang Kai-shek


     Meskipun satu kawasan dengan Balai Peringatan Chiang Kai-shek, namun bangunan ini sering dianggap sebagai icon tersendiri sehingga dapat dijadikan objek wisata yang indah dan menakjubkan.

8. Kuil Chi Nan

     Temple Chih Nan adalah sebuah kuil agama Tao di lereng "Monkey Mountain" di Muzha, pinggiran Taipei, Taiwan . Kuil ini didirikan pada tahun 1882. Dewa utama yang dipuja di candi ini adalah Lu Dongbin, salah satu dari Delapan Dewa agama Tao.

9. Grand Hotel Taipei

     Grand Hotel Taipei adalah Hotel ysng terletak di Yuanshan, Taiwan. Hotel ini didirikan pada Mei,1952 dan bangunan utama selesai pada 10 Oktober 1973. Hotel ini dimiliki oleh Yayasan Duen-Mou Taiwan, sebuah organisasi non-profit, dan telah menjadi banyak persinggahan banyak pejabat asing yang telah mengunjungi Taipei.

     Bangunan utama hotel ini adalah salah satu bangunan dengan gaya China Klasik tertinggi di dunia, dengan tinggi 87 meter hotel ini pernah menjadi gedung tertinggi di Taiwan pada 1973-1981.

10. National Science and Technology Museum

     National Science and Technology Museum adalah museum ilmu terapan dan teknologi di Kaohsiung di Taiwan barat daya. Didirikan pada bulan November 1997. Luas lantainya meliputi 112.400 meter persegi dan bangunan ini diklaim sebagai museum sains terbesar di Asia.

     Arsitektur ini memiliki bentuk-bentuk geometris termasuk segitiga, persegi panjang, dan lingkaran, dan bangunan yang dihubungkan oleh jembatan lurus.

Sumber: Ilhamblogindonesia

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita