223 Selasa, 01 Oktober 2013 | 09:50:42

Apartemen Asyik untuk Penggemar Wine!

Apartemen Asyik untuk Penggemar Wine!

Bagi mereka yang kesulitan menemukan ruang besar untuk mengoleksi minuman anggur atau wine, sebuah blok apartemen baru di Jepang dengan sebuah gudang anggur di dalamnya bisa jadi tempat yang sempurna.

Gedung bernama Wine Apartement di distrik mewah Shibuya, Tokyo, ini memiliki suhu ruang dan kelembaban yang dikendalikan di ruang bawah tanah untuk 10.000 botol anggur. Setiap 18 unit dilengkapi dengan lemari es untuk 26 botol dan sebuah rak penyimpanan gelas.

"Tokyo adalah pasar yang unik untuk pecinta wine," kata Presiden pengembang properti Inovv Inc Takayuki Suzuki.

"Mereka (pencinta Wine) tidak hanya menikmati wine, tetapi juga memiliki kepentingan akademik di dalamnya. Sekolah Anggur selalu diminati di sini. Itu sebabnya saya melihat potensi properti di bidang ini," ujar Takayuki.

Sebuah bistro terkemuka akan membuka cabang pada November di lantai pertama di bangunan 10 lantai ini. Penghuni apartemen dapat membawa botol mereka sendiri dan minum dengan biaya 2,000 yen. Selain itu, mereka juga dapat memesan makanan yang akan diantar ke apartemen mereka.

Suzuki menuturkan, sampai saat ini sekitar 70 persen dari seluruh unit telah diminati. Biaya sewa bulanan untuk apartemen seluas 42-46 meter persegi ini dihargai 239,000 yen sampai 258,000 yen, dan sekitar 30 persen di antaranya di atas harga pasar.

Sewa per jam

Yang menarik, para penyewa apartemen dapat membayar biaya penyimpanan wine koleksi mereka sekitar 20,000 yen per bulan untuk menempatkan hingga 300 botol di gudang dan perlu membayar lebih untuk koleksi wine yang lebih banyak. Biasanya, pelayan wine akan mengunjungi bangunan tersebut pada akhir pekan untuk memberitahu warga tentang cara memasangkan makanan dengan wine dan dapat disewa per jam bagi yang berminat.

Salah satu penyewa, yang memiliki pabrik wine di Selandia Baru bernama Osawa Wines, berencana menggunakan ruang tersebut sebagai kantor dan ruang mencicipi bagi pelanggan. Taizo Osawa (62) memulai pabrik anggurnya setelah membeli tanah di Hawkes Bay pada 2005. Ia kemudian merilis usaha antik pertamanya pada 2008 dengan membuat wine dari Sauvignon Blanc dan Pinot Noir anggur.

"Tempat ini akan membantu memperluas jaringan penjualan kami di Jepang," kata Osawa.

Sementara itu, Inovv sendiri berencana memiliki 30 unit blok Wine Apartment pada 2015 nanti. Pengembang tersebut juga telah membangun blok perumahan dengan fasilitas kedap suara yang dapat digunakan untuk musisi sebagai studio dan rumah.

"Saya ingin mengembangkan bangunan apartemen dengan sentuhan semangat bermain," kata Suzuki.

Nantinya, penghuni di Wine Apartment bisa bermain-main dengan cara mereka menyajikan wine. Mereka dapat meminjam gelas-gelas dari 100 jenis koleksi yang ditampilkan di lobi apartemen ini.

Masing-masing gelas koleksitu itu memiliki bentuk yang berbeda dengan bahan porselen Kutani Jepang. Pelayan wine akan membantu untuk memilih gelas terbaik sesuai jenis anggur, tempat produksi dan ciri khas klasiknya.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita