397 Selasa, 09 Februari 2016 | 10:40:18

Bisa Dihuni Rusunawa Untuk Buruh

Bisa Dihuni Rusunawa Untuk Buruhwww.merdeka.com

Rumah susun sederhana sewa atau biasa disingkat dengan rusunawa yang di bangun khusus untuk para buruh telah diresmikan di Ungaran, Semarang pada Minggu, 7 Februari 2016 oleh Menteri BUMN Rini Soemarno bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.


Rusunawa ini adalah salah satu bagian dari Program Nasional Pembangunan Satu Juta Rumah yang sudah dicanangkan sejak tanggal 29 April 2015 lalu.


Rusunawa ini dirancang dengan 2 menara dengan tinggi 5 lantai. Dan rusunawa ini peruntukkan terutama untuk para buruh industri yang tinggal atau berada didekat  lokasi pengembangan.


Kawasan yang di jadikan area pengembangan ini tadinya merupakan klaster kumuh yang padat penduduknya dan bangunan yang juga padat. Kualitas air minum dan sanitasi nya pun kurang baik untuk digunakan.


Rusunawa khusus buruh ini dibangun di atas tanah milik Pemerintah Kabupaten Kota Semarang, kata Syarif Burhanudin yaitu Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR.


“Nilai Kontrak dari rusunawa ini adalah Rp 66 miliar,” tutur Syarif.


Syarif menjelaskan, bahwa rusunawa ini terdiri dari 2 menara. Menara I terdiri dari rusunawa dengan ukuran 24 meter persegi yang diperuntukkan untuk pekerja lajang. jumlahnya terdiri dari 104 unit. Yang satu unitnya bisa diisi 2 orang.


Untuk menara II, terdiri dari rusunawa dengan ukuran 36 meter persegi. Yang jumlahnya tersiri dari 66 unit. Rusunawa yang berada di menara II ini diperuntukkan khusus bagi yang sudah berkeluarga. Satu unitnya bisa diisi dengan 4 anggota keluarga.


Rusunawa ini mempunyai fasilitas yang lengkap. Seperti jaringan listri dan air bersih yang sudah tersedia, lalu perangkat furniture yang cukup dan memadai untuk setiap unitnya. Furniture tersebut sudah termasuk lemari, meja dan kursi, serta tempat tidur. Oleh karena itu para penghuni rusun nantinya tidak perlu repot-repot menyediakan atau membeli lagi perabotan sendiri sebab semua sudah disediakan.


Ada sekitar 2.700 calon penghuni yang ingin dan tertarik untuk menghuni rusunawa ini termasuk pekerja lajang maupun yang sudah berkeluarga. Rinciannya sebagai berikut, sebanyak 1.600 calon dari luar Ungaran, 600 calon yang bekerja di sekitar rusun, dan terakhir 500 calon yang bekerja di sekitar semarang.

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita