724 Kamis, 28 Januari 2016 | 13:16:50

Sumedang Kota Menjanjikan Untuk Sektor Properti

Sumedang Kota Menjanjikan Untuk Sektor Propertiinfotol

Pembangunan terus berjalan, seperti di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ini sedang berlangsung pembangunan jalan tol. Kabupaten Sumendang saat ini boleh dikatakan sebagai kawasan yang menyimpan prospek menjanjikan dalam sektor properti. Proyek jalan tol yang sedang berlangsung ini  akan dilewati jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dimana jalan tol ini akan terkoneksi dengan tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Dengan adanya proyek pembangunan jalan tol ini membuat wilayah Sumedang semakin terbuka sehingga mudah untuk diakses mulai dari kawasan pantai utara Jawa (Pantura). Disamping itu posisinya tidak jauh dari Kota Bandung.

Kota Sumedang dan kota Bandung hanya berjarak  40 km, rencana pengembangan proyek infrastruktur dari pemerintah pusat di Sumedang akan membuat investor masuk. Menurut, Eka Setiawan selaku Bupat Sumedang, bahwa Sumedang diapit oleh dua kawasan strategis nasional (KSN) yakni kota Bandung Raya dan Cimahi sehingga Sumedang bisa dikatakan sebagai kota yang sangat potensial.

Dalam hal ini Eka mengatakan bahwa pertumbuhan kota Sumedang adalah imbas dari perkembangan Kota Bandung yang menjadi pusat pemerintahan Propinsi Jawa Barat serta sebagai destinasi wisata kaum urban. Dalam hal ini yang paling prospektif  pada sektor properti  khususnya residensial. Di kawasan Jatinagor menjadi lokasi dari sejumlah kampus ternama seperti  Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), IPDN, serta beberapa kampus lainnya dengan demikian pasti akan membutuhkan hunian yang cukup banyak.

Disamping perumahan ada juga sejumlah pengembang yang membangun apartemen untuk mahasiswa. Eka menjelaskan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat khususnya untuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) agar dapat sinkronisasi serta pengembangan infrastruktur di Sumedang. Sekarang ini pembangunan yang sudah terwujud adalah pembangunan Waduk Jatigede. Waduk ini selain berfungsi untuk mengairi sawah pertanian juga akan  bisa  dijadikan sebagai  tempat wisata, sumber air bersih, pembangkit listrik, dan pengendali banjir.

Eka mengatakan apabila ada pilot  project pemerintah pusat yang terkait dengan pengembangan kawasan, pihaknya sangat welcome. Dalam hal ini para Investor tidak perlu khawatir dengan  potensi Sumedang, meskipun kabupaten kecil namun sangat potensial. Sumedang  akan mengembangkan kawasan khusus di sebelah timur dan akan langsung akses jalan tol ke kawasan ini sangat potensial untuk pengembangan propertinya.

Sumber: Housingestate

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita