379 Sabtu, 16 Januari 2016 | 14:36:33

Kemenpupera Meresmikan Lembaga Perumahan Daerah

Kemenpupera Meresmikan Lembaga Perumahan Daerahberitamalukuonline

Untuk menyelaraskan program yang sedang digalakkan oleh pemerintah saat ini yaitu program sejuta rumah maka pemerintah pusat dan daerah bersama dengan Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) membentuk Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT). Dibentuknya satuan kerja ini yakni dibidang Perumahan untuk seluruh provinsi.

Pemerintah mengharapkan SNVT perumahan ini dapat membantu  mempercepat program serta pengawasan pembangunan sejuta rumah sehingga dapat mempermudah dalam melakukan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah. Di tahun 2016 ini pemerintah bertekad untuk terus meningkatkan penyerapan program sejuta rumah.

SNVT Perumahan ini adalah sebuah lembaga pertama di lingkup Ditjen Penyediaan Perumahan yang diharapkan dapat  mempercepat seluruh pelaksanaan program perumahan yang akan di jalankan,” ujar Syarif Burhanuddin, Dirjen Penyediaan Perumahan Kemenpupera, saat pelantikan pengurus SNVT di Kantor Kemenpupera Jakarta, Jumat (15/1).

Sejauh ini, menurut Syarif, program perumahan masih menganut sistem sentralisasi dimana semua program perumahan hanya menjadi tugas pemerintah pusat saja. Oleh karena itu diharapkan dengan adanya lembaga baru ini maka sekitar 196 orang pilihan gubernur serta kepala dinas dari semua provinsi yang bisa lebih memahami problematika pembangunan perumahan di propinsinya masing-masing.

Adapun anggota SNVT Perumahan ini didapat dan berkantor di daerah dengan begitu kualitas program sejuta rumah akan lebih terjamin. Hal ini juga terkait dengan pesan dari bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengharapkan pembangunan di daerah harus bisa melibatkan kontraktor lokal, minimal untuk sub kontraktornya harus berasal dari perusahaan lokal.

Disamping itu harus diusahakan juga mengenai konten atau bahan baku lokal semaksimal mungkin guna untuk pembangunan perumahan di daerah. Dengan cara seperti itu diharapkan  peredaran uang akan lebih besar di daerah sehingga perekonomian di daerah bisa semakin maju, jelas Syarif.

Sumber: Housingesatate

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita