679 Jum'at, 08 Januari 2016 | 14:55:04

Harga Rumah Serpong Sama Dengan Harga Sewa Rumah Menteng

Harga Rumah Serpong Sama Dengan Harga Sewa Rumah Mentengtrenrumah

Harga tanah di pusat kota semakin melambung, bayangkan untuk rumah kontrakan di wilayah Menteng bisa untuk membeli rumah di daerah  Serpong. Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, tetap bertahan sebagai kawasan yang memiliki harga tanah paling mahal di kota Jakarta.  Bahkan untuk harga jual dan sewa properti di kawasan Menteng tidak ada tandingannya jika di bandingkan dengan  kawasan elit lain di Ibukota.

Menurut Ferry Salanto, Associate Director Colliers International Indonesia, bahwa rumah sewaan atau apartemen di kawasan Menteng, harganya lebih tinggi jika dibanding di Jl Jend Sudirman Jakarta. Rumah  dengan luas 1.200 meter persegi dengan lima kamar dikawasan Menteng  disewakan seharga 13.500 dolar AS untuk per bulannya.

Harga rumah sewaan di kawasan Menteng dengan kurs Rp13.900 per dolar AS, artinya harga rumah yang di sewakan adalah sebesar Rp187,6 juta untuk per bulannya dan Rp2,2 miliar untuk per tahunnya.
Ferry mengatakan bahwa untuk harga tarif sewa tersebut hanya dikhususkan bagi rumah yang disewakan kepada ekspatriat atau orang asing.  Oleh karena itu spesifikasi, fasilitas, dan sistem pengamanan yang diberikan juga berbeda dengan rumah pada umumnya, hal ini  untuk menyesuaikan dengan standar orang asing.

Harga dari tarif sewa sebesar itu menjadikan rumah di kawasan Menteng bisa dijadikan sebagai aset yang menguntungkan. Sehingga keuntungan dari hasil menyewakan rumah di kawasan Menteng bisa digunakan untuk membeli rumah dua lantai di kawasan Serpong, Tangerang.

Perumahan di kawasan BSD City Serpong dengan tipe rumah sebesar 114/136, fasilitas tiga kamar tidur harga yang ditawarkan pada tahun 2015 lalu yakni sebesar Rp2,2 miliar. Harga rumah sewa dengan luas tanah sebesar 500 meter persegi tergolong rumah kecil untuk di kawasan Menteng. Harga tarif sewa rumah sebesar itu sekitar 4.500 dolar AS atau sekitar  Rp 62,5 juta per bulan. Sedangkan untuk tipe yang sama di daerah Kuningan, Jakarta Selatan, harga sewa dibanderol sebesar  4.050 dolar AS  atau sekitar Rp56,2 juta per bulan.

Disamping Menteng dan Kuningan ada beberapa kawasan yang menjadi favorit orang asing, yaitu Pondok Indah, Kebayoran Baru, Kemang, Cilandak, dan Cipete, harga sewa rumah dikawasan tersebut lebih murah jika dibandingkan dengan Menteng dan Kuningan.  Kawasan yang paling bersaing yaitu di wilayah Cipete, yang memiliki rumah seluas 300 meter persegi dengan dilengkapi 3 kamar harga sewanya 2.700 dolar AS per bulan. Di daerah di Cilandak, Jakarta Selatan, dengan tipe rumah yang sama dibandrol sebaesar 3.600 dolar AS. Kawasan Pondok Indah sendiri tarifnya tergolong mahal, yakni hampir  sama dengan Menteng.

Luas rumah sebesar 450 meter persegi, harga sewanya 4.050 dolar AS per bulan. Sementara untuk yang 1.000 meter persegi harga  sewanya bisa mencapai 13.500 dolar AS per bulan. Masa sewa  rumah-rumah yang diperuntukkan bagi ekspatriat umumnya minimum dua tahun, jelas Ferry.

Sumber: Housingestate

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita