258 Rabu, 16 Desember 2015 | 14:26:57

Pemda DKI Melakukan Peremajaan 17 Bangunan di Area Kota Tua

Pemda DKI Melakukan Peremajaan 17 Bangunan di Area Kota Tuakompas

Kota tua merupakan kawasan atau daerah yang menjadi salah satu ciri khas Jakarta, karena kawasan tersebut memiliki nilai sejarah dan bangunan-bangunan tua yang berdesain unik. Namun demikian, perlu adanya perbaikan untuk beberapa bangunan dan gedung yang terdapat di sekitarnya.

Baru-baru ini PT Pembangunan Kota Tua Jakarta (JOTRC), telah melakukakn pembaruan atau peremajaan untuk salah satu gedung yang terdapat di kawasan kota tua, seperti gedung apotheek Chung Hwa, di mana gedung tersebut berada di kawasan kota tua, tepatnya di jalan pancoran, Jakarta barat.

Tidak hanya gedung apotheek Chung Hwa saja yang dilakukan pembaruan, ada sekitar 16 gedung tua yang terletak di kawasan kota tua yang masuk dalam daftar peremajaan gedung tua. Namun, untuk sekarang ini tahap pembaruan gedung-gedung tersebut sudah dapat dikatakan 70 persen selesai dan yang 30 persen sisanya hanya tinggal 2 buah gedung saja yaitu gedung Jiwasraya dan Cipta Niaga. Hal inilah yang dikatakan oleh Ketua Dewan Eksekutif JOTRC, Lin Che.

Untuk proses pengerjaan gedung apotheek Cung Hwa, memerlukan waktu kurang lebih satu tahun setengah, hal ini dikarenakan luas bangunan area tersebut sekitar 320 meter persegi, dimana memiliki  dua lantai.

Dengan dilakukannya peremajaan atas gedung apotheek Chung Hwa tersebut, diharapkan nantinya akan mampu menjadi gedung model pelestarian bagi bangunan tua yang lain, dan saat ini gedung tersebut telah digunakan menjadi sebuah tempat santai yaitu kedai teh dan juga sebagai akses pintu utama sebelum masuk ke wilayah Kota Tua.

Lin Che berharap, dengan adanya peremajaan dari beberapa gedung tua yang ada di kawasan kota tua tersebut, diharapkan akan mampu menggugah kesadaran semua masyarakat, bahwa betapa pentingnya sejarah dan juga pembaruan terhadap gedung-gedung tua ini.

Selain memiliki nilai sejarah yang tinggi, gedung tersebut juga merupakan salah satu asset yang di miliki oleh orang Jakarta, karena dengan adanya bangunan tua tersebut, maka akan semakin banyak para wisatawan asing ataupun lokal yang akan berkunjung ke daerah tersebut. Disamping itu, gedung tua tersebut juga akan memberikan kontribusi yang sangat tinggi terhadap pariwisata Indonesia saat ini.

 

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita