39 Jum'at, 11 Desember 2015 | 12:23:43

Rusun Di Pasar Rumput Setinggi 25 Lantai

Rusun Di Pasar Rumput Setinggi 25 Lantaiberitasatu

Rumah susun  (rusun) di Pasar Rumput akan segera dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) dan untuk MOU pun sudah ditandatangani. Dalam hal ini Kemenpupera bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta, anggaran yang dikeluarkan untuk pembangunan rumah susun (rusun) Pasar Rumput adalah sebesar Rp950 miliar.

Pembangunan rumah susun (rusun) ini rencananya akan dibangun pada awal tahun depan.
Mirna Amin salah seorang Staf Ahli Kemenpupera Bidang Hubungan Antar Lembaga mengatakan bahwa pembangunan Rusun Pasar Rumput ini dibangun untuk mensinergikan program rusun terintegrasi pasar Pemprov DKI. Rusun ini dibangun dan diprioritaskan khusus bagi warga yang terkena proyek normalisasi Ciliwung, demikian yang disampaikan Mirna pada saat menandatangani MOU bersama Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balaikota.

Pembangunan rumah susun (rusun) di Pasar Rumput ini diperkirakan akan mengeluarkan dana sebesar  Rp950 miliar. Anggaran sebesar  ini akan dipergunakan untuk membangun dua tower rusun yang tingginya mencapai 25 lantai dengan total luas bangunan hampir 120 ribu m2.

Rencananya di rusun ini akan menyediakan kios sebanyak 1.314 unit, dimana kios tersebut akan dipergunakan untuk tempat berjualan penghuni rusun.

Adapun biaya-biaya untuk pembangunan rusun ini didapatkan dari Kemenpupera oleh karena itu pihak pemprov hanya tinggal mengoordinasikan untuk penempatan masyarakat yang layak dan berhak untuk tinggal di rusun ini. Sedangkan Gubernur DKI Basuki, mengutarakan bahwa pihaknya sangat senang atas  bantuan yang diberikan dari Kemenpupera untuk pembangunan rusun terintegrasi pasar ini.

Menurut Ahok demikian panggilan akrabnya, bahwa rumah susun sangat dibutuhkan terutama di Ibu Kota Jakarta. Dengan adanya rusun diharapkan dapat menata kawasan kumuh, karena itu pembangunan Rusun ini mulai dibangun dan berawal pembangunannya di wilayah Pasar Rumput. Dalam hal ini pemerintah hanya tinggal menginformasikan kepada masyarakat ataupun PD Pasar Jaya yang pada akhirnya akan menempati rusun tersebut.

Mengenai biaya sewa yang akan dipungut di rusun  ini relatif murah sehingga masyarakat yang menghuni rusun tersebut tidak merasa terbebani.

Rumah susun (rusun) ini akan dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang dapat dipergunakan oleh para penghuni seperti, adanya  tempat usaha di satu lokasi. Penyediaan tempat usaha ini diharapkan perekonomian masyarakat bawah bisa lebih berkembang sebab itulah konsep ini akan diterapkan di banyak lokasi pasar yang ada di Jakarta.

Ahok berharap semoga para pedagang dapat lebih merasa nyaman berjualan dan tentunya merasa nyaman juga menjadi penghuni di rusun ini.  Ahok berjanji pihaknya akan melengkapi rusun ini dengan fasilitas lainnya seperti saluran pipa gas, rumah sakit, dan sebagainya. Para penghuni ataupun para pengunjung pasar dapat dengan mudah mengakses rusun pasar sebab lokasinya terintegrasi dengan Transjakarta.

Sumber: housingestate


📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita