47 Kamis, 10 Desember 2015 | 09:39:10

Rendahnya Suku Bunga KPR Salah Satu Manfaat Bank Perumahan

Rendahnya Suku Bunga KPR Salah Satu Manfaat Bank PerumahanWordpress

Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar beberapa bulan yang lalu membuat  bisnis properti lesu dan tidak ada peningkatan. Dengan adanya kondisi ini membuat Pemerintah mengeluarkan wacana, dimana Pemerintah akan menjadikan Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) sebagai bank khusus perumahan. Dengan di buatnya wacana ini diharapkan akan bisa berjalan dengan efektif dan tidak dicampuri oleh kepentingan-kepentingan lain.

Tersebarnya kabar mengenai wacana tersebut bukanlah hal yang baru, karena sebelum pemerintahan Jokowi-JK, wacana yang menjadikan BTN sebagai bank perumahan sudah lebih dulu ada, namun belum terwujud hingga saat ini.

Associate Director Research Jones Lans LaLalle, Anton Sitorus mengatakan, bahwa berita itu sudah lama sebenarnya, namun saya tidak tahu ada kepentingan apa sehingga seperti muncul-tenggelam, sekarang kabarnya muncul lagi. Tidak terlepas dari itu, saya pikir bagus kalau memang benar.

Anton Sitorus pun menambahkan, dengan dijadikannya BTN sebagai bank perumahan, maka diharapkan pemerintah bisa lebih serius dalam menuntaskan permasalahan perumahan yang menjadi salah satu misi dari pemerintahan saat ini. Saya tidak mau berandai-andai, yang pasti jika memang benar BTN akan dijadikan bank perumahan semoga bisa berjalan efektif, dan bunga bisa rendah serta apa yang menjadi tujuannya bisa tercapai, seperti di Singapura yang bisa kita lihat.

Wakil Presiden Jusuf Kalla pernah mengisyaratkan bahwa Bank BTN akan segera dijadikan bank yang khusus menangani kredit perumahan rakyat. Hal tersebut diharapkan bisa menjadi solusi atas masalah pembiayaan kredit rumah yang masih jadi persoalan yang sangat rumit dalam pembangunan perumahan.

Adanya peran BTN diharapkan mampu melayani kredit perumahan rakyat yang telah di wacanakan sebelum Presiden Jokowi, dan dengan adanya peran bank pemerintah dapat memberikan keringanan atas suku bunga  KPR dimana oleh beberapa Bank lainnya dinilai sangat tinggi.

 

Sumber ; okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Terkini

Selengkapnya

Referensi

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita