265 Selasa, 08 Desember 2015 | 15:39:25

Hunian Kondominium di Prediksi Sepi Peminat Hingga 2016

Hunian Kondominium di Prediksi Sepi Peminat Hingga 2016Says

Tampilan untuk keseluruhan pasar kondominium saat ini masih mengalami sedikit perlambatan. Bahkan, diprediksikan angka penurunan ini akan terus berlanjut hingga tahun depan.

Asmara Pusparani selaku salah satu Senior Manager PT Cushman & Wakefield Indonesia, mengatakan, perlambatan ekonomi Indonesia saat ini membuat para pembeli mengambil sikap “wait and see”, sampai keadaan dianggap mulai membaik.

Dalam menanggapi rendahnya permintaan saat ini untuk properti khususnya pada kondominium, para pengembang banyak menawarkan berbagai promo, seperti cara pembayaran yang lebih mudah ditambah dengan adanya diskon yang atraktif dan juga bonus yang menarik.

Selain itu, untuk kondominium kelas menengah masih mendominasi keseluruhan transaksi penjualan proyek mendatang dan terbangun, dan ikut berkontribusi sebanyak lebih dari 50 persen dari total penjualan pada tahun ini.

Untuk penawaran proyek yang akan datang baru terlaksana di kawasan pinggiran Jakarta, proyek ini juga mendominasi dan total unit pasokan di Tangerang, Bekasi, Bogor, serta Depok dan telah melebihi pasokan di Jakarta.

Sedangkan pada tahun depan, tingkat pra-penjualan diperkirakan akan turun ke level 60,2 persen. Karena penyerapan proyek yang akan datang masih dalam kondisi yang sehat meskipun tidak sekuat pada tahun 2014.

Asmara Pusparani menambahkan, walaupun pasar untuk properti di hunian kondminium masih terbilang turun dan diperkirakan turun hingga tahun  2016, dirinya yakin bahwa, tren harga kondominium akan terus naik pada tingkat pertumbuhan walaupun agak sedikit lambat.

Namun demikian, tingginya harga rumah tapak di Jakarta mulai mengubah pola perspektif pembeli terhadap pengembangan kondominium. Pada tahun 2016, banyak developer nantinya akan memanfaatkan kesempatan ini dengan menawarkan proyek apartemen yang lebih terjangkau di area Jabodetabek dengan harga yang cukup signifikan.

Dengan memiliki akses bagus ke angkutan umum atau akses langsung ke jalan tol ke CBD Jakarta seperti daerah Depok, Cibubur, Ciracas, Bekasi Barat, dan Cikarang akan sangat membantu sekali dalam memasarkan hunian kondominium ini, karena rata-rata pembeli akan melihat akses jalan terlebih dahulu sebelum mereka meutuskan untuk membeli hunian kondominium yang di tawarkan oleh para pengembang, walaupun harganya murah dan terjangkau apabila tidak memiliki akses jalan yang strategis, maka akan susah di tembus oleh pangsa pasar.

 

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita