224 Selasa, 24 November 2015 | 11:15:08

Sektor Properti Beri Kontribusi Tinggi Bagi Industri Kaca

Sektor Properti Beri Kontribusi Tinggi Bagi Industri Kacaklcbs

Sektor properti saat ini memang kian meningkat dan mengalami peningkatan yang cukup signifika, walaupu saat ini posisi nilai tukar rupiah masih belum stabil, tetapi tidak mempengaruhi laju penjualan properti di Indonesia.

Namun, di sisi lain sektor properti  juga mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap industri kaca. Banyak kalangan yang mengatakan hampir sebanyak 174 jenis industri bahan bangunan berhubungan langsung dengan sektor properti.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Asosiasi Kaca Lembaran dan Pengaman (AKLP) Indonesia Putra Narjadin. Menurutnya, kurang lebih sebanyak 70 hingga 80 persen pasar kaca nasional diserap oleh sektor properti dan kosntruksi.

Dengan begitu, industri bahan bangunan khususnya pada industri kaca sangat menggantungkan produksinya kepada sektor properti sebagai pangsa pasar utama, dan sisanya baru pada industri otomotif.

Maka, dengan meningkatnya sektor penjualan properti akan sangat berkaitan erat dan juga berhubungan sekali dengan tumbuhnya industri properti maupun sektor infrastruktur, karena akan berdampak langsung dengan peningkatan industri kaca nasional,” ucap Putra.”

Sehubungan dengan melemahnya ekonomi, dirinya menyatakan, bahwa hal tersebut kurang berpengaruh   dan selama masih ada proyek properti maupun infrastuktur maka selama itu pula industri bahan material kaca akan tetap tumbuh dan berproduksi.

Saat ini industri kaca nasional masih menguasai pasar lokal dengan kapasitas produksi mencapai 700 – 800 ribu ton per tahun, sedangkan untuk kaca impor atau kaca khusus yang belum bisa dibuat di Indonesia porsinya tidak lebih dari 5 persen.

Perubahan dan perkembangan di industri kaca juga terus berkembang, hal ini untuk menjawab kebutuhan seluruh stakeholder khususnya di bidang arsitektur yang estetis dan hijau. Perkembangan teknologi saat ini telah semakin canggih, karena mampu menghasilkan produk kaca yang dapat membersihkan sendiri (self cleaning) hingga kaca untuk proteksi keamanan.

Dengan kondisi ekonomi di tahun ini yang masih kurang bagus, tetapi dengan adanya program dari pemerintah yang melaksanakan program sejuta rumah maupun proyek-proyek infrartuktur yang semakin banyak, telah memberi peluang baru dan angin segar bagi industri ini, dan tetap mencatatkan pertumbuhan produksi di tahun ini, dimana melemahnya ekonomi saat ini.

Pasar kaca juga didorong dengan porsi ekspor yang cukup baik mencapai 30-40 persen untuk kawasan Asia Tenggara, Jepang, Timur Tengah, dan Selandia Baru. Jadi semakin banyaknya pembangunan dan proyek-proyek pemerintah dan non pemerintah di sektor properti akan sangat berdampak sekali untuk penunjang industri yang berhubungan dengan properti.

 

Sumber : Housing Estate

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita