17 Senin, 29 Juni 2015 | 11:31:53

Komitmen 114.000 Unit, REI Baru Bangun 32.076 Unit

Komitmen 114.000 Unit, REI Baru Bangun 32.076 UnitOkezone

Komitmen awal DPP (Dewan Pimpinan Pusat) REI (Real Estet Indonesia) akan merealisasikan 114.000 unit Rumah Sederhana Tapak (RST), namun pada tahun ini baru terealisasi sebanyak 32.076 unit RST. Jumlah unit yang telah dibangun itu di 20 DPD (Dewan Pengurus Daerah) REI dalam rangka keikutsertaan REI melaksanakan program sejuta rumah yang digalakkan oleh pemerintah.

“Kami hanya ingin menyampaikan perkembangan yang telah kami kerjakan. Semua telah kami koordinasikan dengan DPD yang telah merealisasikan tagetnya,” kata Eddy Hussy selaku ketua umum REI, pada hari Jumat 26 Juli 2015.

Imbuhnya pada media, “jadi, sisa yang akan kami bangun itu sekitar 80.000-an unit lagi. Sisa pembangunan akan kami realisasikan tahun ini, dan jika tak mencapai batas waktu, maka kami akan masukan sebagai candangan untuk tahun depan,” kata Eddy.

Masih banyak kendala yang dialami oleh REI untuk merealisasikan program sejuta rumah ini. Permasalah yang dialami REI yakni, yang pertama adalah masalah perizinan, masalah perizinan sangat menghambat pengembang REI di daerah atau DPD.

Yang kedua adalah kendala lahan. Lahan yang makin sulit. Eddy mengaku sebenarnya mudah saja untuk membangun 114.000 unit jika lahan tersedia.

“Unit-unit setelah ini akan sulit pembangunannya dikarenakan lahan yang sulit, dan belum dapat dipastikan karna lahan semakin sulit ditemukan,” keluh Eddy.

Masalah yang ketiga adalah penetapan harga maksimum Rp 200 juta per unit. Menurut Eddy jika kriteria penghasilan Rp 4 juta perbulan dan tenor 20 tahun, semestinya tidak jadi masalah jika harga yang diberikan Rp 200 juta sampai Rp 220 juta perunit. “Harga Rp 200 juta itu telah bebas PPn dan PPH satu persen,” kata Eddy.

Jumlah target yang ditetapkan oleh REI dalam program sejuta rumah telah melebihi batas perhitungan cermat dan evaluasi di Dewan Pengurus Daerah (DPD) REI tiap masing-masing daerah.

REI optimis akan terus terlaksanan sesuai target yang disepakati pada awalnya, jika kendala-kendala yang kini dialami dilapangan dapat terselesaikan.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita