344 Selasa, 23 Juni 2015 | 10:44:07

Ini Membuat Anda Lebih Memilih Beli Rumah Dibanding Mudik

Ini Membuat Anda Lebih Memilih Beli Rumah Dibanding MudikKompas

Bulan Ramadhan bukan hanya berlimpah berkah untuk umat islam yang berpuasa, namun juga untuk para pengembang properti. Pasalnya pada bulan Ramadhan terjadi lonjakan penjualan rumah tipe menengah kebawah, seperti di daerah Jawa Barat.

“Di Cileungsi saja sejak bulan Juni 2015 telah terjual sekitar 10 unit rumah per minggunya. Hal itu karena pengembangnya yaitu PT Metropolitan Land Tbk menawarkan subsidi uang muka,” kata Helmi Usman, Marketing Staff Metland Cileungsi.

“Keringanan pembayaran DP ini lah yang menarik konsumen, jadi banyak masyarakat yang lebih memilih untuk membeli rumah disini, dibandingkan pulang ke kampung halaman,” imbuh Helmi

Kebanyakan dari konsumen yang membeli rumah di Metland Cileungsi adalah karyawan pabrik disekitar Cileungsi, Bekasi.

Subsidi yang diberikan adalah subsidi uang muka sebesar 5 persen dari total uang muka 10 persen, untuk semua jenis tipe rumah. Untuk rumah tipe 38/72 konsumen hanya membayar Rp 17,5 juta, itu sudah termasuk subsidi, dan dibebaskan atas biaya pajak pertambahan nilai (Ppn), bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB), biaya izin mendirikan bangunan (IMB), sambungan listrik, dan air serta biaya provisi KPR.

Tak jauh berbeda dengan yang dialami pengembang properti lain di Cileungsi, PT Dwikarya Langgeng Sukses juga mendulang keuntungan yang hampir sama. Perumahan Harvest City milik PT Dwikarya juga terjual 10 sampai 15 unit dalam seminggu.

Ujar Marketing Harvest City. “Jauh berbeda saat kami belum menawarkan subsidi uang muka, rumah yang terjual hanya beberapa saja, namun kini 50% masyarakat lebih memilih beli rumah dibandingkan mudik,” kata Willy Hutapea, Marketing Harvest City.

Program ini mulai dijalankan PT Dwikarya Langgeng Sukses sejak 1 Juni 2015 dan berakhir 30 Juni 2015. Subsidi yang diberikan adalah 7,5 persen dari total uang muka 10 persen, jadi konsumen hanya membayar 2,5 persennya saja.

Jika konsumen ingin membeli rumah tipe 33/78 seharga Rp 402 juta, maka total uang muka 40 juta, konsumen hanya membayar Rp 10 juta, dan sisanya Rp 30 juta akan di tanggung pengembang.

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita