390 Sabtu, 30 Mei 2015 | 12:07:42

Penerapan Subsidi Seperti Singapura, Pemerintah Siapkan Rumah

Penerapan Subsidi Seperti Singapura, Pemerintah Siapkan RumahBenah Jakarta

Kini tak perlu cemas, fasilitas hunain rumah tak hanya diperuntukan untuk masyarakat menengah atas. Pemerintah telah menyiapkan subsidi rumah murah yang dikhususkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Pemerintah telah siapkan beberapa rancangan subsidi. Maurin Sitorus selaku Direktur Pembiayaan Perumahan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) mengatakan. “Satu dari skema rancangan subsidi adalah mencontoh yang telah diterapkan di Negara tetangga Singapura,” kata Maurin.

“Skema yang diambil dari gaya Singapura adalah subsidi selisih bunga. Seperti subsidi sewa, diperuntukan bagi masyarakat yang sangat miskin. Misalnya, tua renta yang tidak mempunyai anak serta rumah, maka pemerintah menyiapkan rumah sewa tanpa dipungut biaya. Begitu yang dilakukan Singapura yang akan diterapkan di Indonesia.” jelas Maurin, saat ditemui di Kemenpupera Jakarta, Rabu 27 Mei 2015.

Hal tersebut pun pernah dilakukan oleh pemerintah di Indonesia, namun tidak jalankan kembali. Saat ini pemerintah kembali mempertimbangkan skema ‘selisih bunga’ itu, untuk kembali dijalankan agar harga rumah terjangkau untuk masyarakat miskin.

Untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang berencana membeli rumah dengan harga murah, pemerintah dapat memberikan subsidi, misalnya harga rumah Rp 100 juta, suku bunga pasar 12,5 persen. jika dikalkulasikan bunga satu tahun Rp 12 juta, maka akan dibebankan Rp 5 juta kepada pembeli, dan Rp 7 juta disubsidikan oleh pemerintah.

Dana yang akan disubsidikan dalam skema selisih bunga menurut penjelesan Maurin, bukan termasuk dana APBN untuk perumahan yang nilainya Rp 5,1 triliun yang hanya dapat membiayai pendanaan perumahan sampai Juni 2015.

Selain dari subsidi silang bunga, pemerintah tetap akan memberlakukan FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiyaan Perumahan), dengan dana berkisar Rp 25 triliun. Dana tersebut diperoleh dari BUN (Bendahara Umum Negara).

 

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita