281 Senin, 18 Mei 2015 | 09:52:41

Pasca Lebaran Ekonomi Indonesia Makin Meningkat

Pasca Lebaran Ekonomi Indonesia Makin MeningkatUiupdate

Diperkirakan peningkatan ekonomi Indonesia akan mulai terasa pada bulan Mei sampai dengan bulan Desember 2015, hal tersebut terjadi karena dibarengi dengan pembangunan infrastuktur penting di sebagian wilayah di Indonesia.

Menurut Panangian Simanungkalit, selaku Direktur Eksekutif Pusat Studi Properti Indonesia (PSPI), pada kuartal dua atau sekitar bulan Mei 2015 akan terjadi peningkatan ekonomi hingga mencapai 5 persen. dikarenakan banyak dari mentri-mentri dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo yang baru memulai program kerja dibulan Mei ini.

Minggu 17 Mei 2015 Panangian menjelaskan, “Sejak perubahan tata nama, banyak dari mentri yang tidak berani mengambil resiko untuk memulai pengerjaan proyek. Jadi mereka baru efektif bekerja mulai bulan Mei”

“Keuntungan pajak yang diperoleh dari kenaikan BBM, telah dianggarkan guna mendanai pembangunan infrastruktur. Dari APBN pada tahun 2015 diberikan alokasi dana terbanyak sejumlah Rp 118 triliun kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera),” tutur Panangian

Dalam pengerjaannya dilapangan banyak proyek yang baru dimulai bulan Mei 2015, dikarenakan terjadi keterlambatan dalam pengesahan APBN. Hal ini yang menjadikan alasan para mentri dan jajarannya untuk memulai pengerjaan proyek fisik terlebih dahulu dari pada harus menanggung resiko.

Dikarenakan pengerjaan proyek baru dimulai pada bulan Mei, maka peningkatan pertumbuhan ekonomi baru akan terasa pada kuartal ketiga dan keempat atau pada bulan Juli dan Agustus 2015. “Ekonomi Indonesia akan membaik 5 persen dari sebelumnya, dan efeknya akan terasa pasca Lebaran,” perjelas Panangian

Kenaikan tersebut akan lebih terasa setelah tahun 2016. Diprediksi oleh Bank Indonesia pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2016 akan mengalami peningkatan 5,2 persen, dan sekitar 5,7 persen kenaikan yang diprediksi oleh Badan Perencanaan pembangunan Nasional (Bappenas) pada tahun 2016.


Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita