207 Senin, 18 Mei 2015 | 08:27:39

Kabar Gembira Bagi Calon Pembeli Apartemen Jabodebek

Kabar Gembira Bagi Calon Pembeli Apartemen Jabodebekberitadaerah

Bagi Anda yang sedang merencanakan untuk membeli apartemen di wilayah Jakarta,Bogor,  Depok dan Bekasi dapat berlega hati karena harga apartemen strata atau yang biasa disebut kondominium untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi mengalami penurunan harga.

Harga apartemen strata atau kondominium selama tahun 2015 mengalami penurunan sebesar 9,29 persen untuk kawasan Jabodebek. Hal ini tentu saja merupakan sebuah kabar yang menggembirakan bagi calon pembeli.

Di kawasan Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek) harga untuk apartemen dikawasan itu rata-rata Rp 21,517 juta per meter. Pada tiga bulan terakhir harga apartemen dikawasan tersebut bertahan di kisaran harga Rp 23,781 juta per meternya. Sedangkan pada tahun yang lalu harga apartemen dikawasan tersebut sekitar Rp 23,296 juta permeter.

Dari hasil survey mengenai Perkembangan Properti Komersial yang dikutip dari Bank Indonesia (BI) bahwa Bank Indonesia  mengamati secara cermat tentang turunnya harga jual apartemen dikawasan tersebut disebabkan pasokan kondominium kelas bawah yang banyak dijual khususnya dikawasan Bogor, Depok dan Bekasi.

Penjualan tidak mengalami pengaruh yang signifikan walaupun harga jual mulai turun. Dilihat dari masukkan yang tercatat dipasaran adalah sebanyak 111.717 unit, artinya telah laku sekitar 97,66 persen. Penjualan ini terus tumbuh hingga mencapai 4,90 persen jika dilihat pada kuartal keempat ditahun 2014.

Tingkat penjualan apartemen atau kondominium pertahunnya naik tipis yakni sekitar 0,75 persen jika dibandingkan pada periode yang sama pada tahun yang lalu.

Bank Indonesia juga menyebutkan mengenai segmen dari apartemen sewa mengalami penurunan tarif yang sangat signifikan yakni sebesar 5,11 persen sehingga rata-rata untuk tarif sewa apartemen menjadi Rp 283,514 per meter per bulannya. Pada kuartal sebelumnya tarif sewa sebesar Rp 298,793 per meter per bulannya.

Pada tahun yang sama tarif sewa untuk sebuah apartemen atau kondominium masih berada di harga Rp 202,030 per meter perbulannya, itu artinya tarif sewa apartemen secara tahunan mengalami peningkatan sebesar 40,33 persen.

Sedangkan pada bulan Januari hingga bulan Maret 2015 stok unit apartemen sewa yang tercatat di pasaran sebanyak 12.030 unit. Dalam hal ini tidak ada penambahan unit apartemen sejak tahun yang lalu.

Sumber :PropertiKompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita