479 Senin, 13 April 2015 | 11:13:56

Faktor Penyebab Dalam Selisih Harga Apartemen

Faktor Penyebab Dalam Selisih Harga ApartemenIlustrasi

Perbandingan harga yang bervariasi pada setiap apartemen memang sudah lumrah terjadi, faktor yang menyebabkan perbedaan harga adalah pada tinggi lantai, pemandangan , dan besarnya unit apartemen.

Semakin tinggi unit apartemen yang dituju, maka akan semakin tinggi harganya. Selain itu, ketinggian bangunan akan mempengaruhi pemandangan yang akan dihasilkan setiap unit apartemen.

Lukito Pranowo yang merupakan Wakil Ketua Asosiasi Real Estate Broker Indonesia menerangkan bahwa tidak terdapat patokan yang baku terhadap perbedaan harga setiap apartemen. Namun biasanya harga unit termahal pada setiap apartemen, terdapat pada unit yang berada di bagian lantai tengah apartemen tersebut.

Perbedaan harganya pun sangat bervariasi, untuk unit dengan harga yang rendah sekitar Rp 1 miliar biasanya terdapat selisih harga mulai dari Rp 10 juta sampai dengan Rp 20 juta. Sedangkan untuk unit apartemen dengan harga yang mahal sekitar Rp 5 miliar, maka selisih harga yang biasanya terjadi cukup tinggi yaitu sebesar Rp 100 juta. Yang mana selisih ini ditentukan oleh pemandangan unit apartemen, misalnya saja menghadap pegunungan atau kota dan menghadap kolam renang. Semua itu tergantung pada kelebihan dan fasilitas yang disediakan oleh masing- masing apartemen.

Pada saat ini banyak juga apartemen yang mematok harga termahal pada unit yang lokasinya dilantai teratas, karena disebabkan oleh fasilitas yang disediakan disana. Contohnya pada apartemen Foresque yang beada di kawasan Jakarta Selatan, unit yang berada mulai lantai 18 hingga lantai 23 seluas 81,6 m2 dipatok dengan harga Rp 2,4 miliar per unitnya. Sedangkan unit yang berada dilantai 1 hingga enam dipatok dengan harga Rp 2,35 miliar, dan untuk lantai 7 sampai dengan 11 dibandrol dengan harga Rp 2,37 miliar.

Menurut pantauan dari Kompas.com, untuk apartemen menengah yang berada dikawasan Bekasi, Serpong, dan Bogor berkisar antara Rp 6 juta hingga Rp 7 juta per unitnya. Biasanya mulai dari lantai tengah ke atas cenderung lebih mahal, jika dibandingkan dengan lantai yang lebih rendah dalam satu apartemen. Selain itu unit yang menghadap kolam renang juga lebih mahal jika dibandingkan dengan yang menghadap pemandangan alam atau kota.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita