174 Kamis, 09 April 2015 | 09:44:37

Penyebab Indonesia Menjadi Negara Favorit Investasi Properti

Penyebab Indonesia Menjadi Negara Favorit Investasi PropertiIlustrasi

Investasi saham properti Indonesia menjadi tempat investasi favorit dunia, hal tersebut disebabkan oleh populasi yang meningkat, suku bunga menurun, dan banyaknya jumlah bangunan di Indonesia.

Selama 12 bulan terakhir, para pengembang di Bursa Efek Jakarta termasuk PT Alam Sutera Realty dan PT Lippo Cikarang memiliki peringkat analis rata- rata tertinggi diantara yang lainnya. Yang mana terdapat lonjakan sebanyak lebih dari 25 % pada The Jakarta Construction dan Property & Real Estate Index.

Penyebab dari lonjakan tersebut adalah dengan adanya aksi dari BI (Bank Indonesia), dalam program memangkas dana pinjaman pada bulan Februari. Yang mana hal tersebut dilakukan pertama kalinya selama kurun waktu tiga tahun terakhir, bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi terbesar yaitu sebanyak 7% dibawah pimpinan orang nomor satu di Indonesia yang akrab disapa dengan sebutan Bapak Jokowi.

Program dan sistem pensiun di Indonesia juga diharapkan dapat terus meningkatkan investasi dibidang properti nasional, berfungsi sebagai upaya dalam meningkatkan infrastruktur juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang berada di Indonesia.

Faktor lain yang menyebabkan Indonesia menjadi investasi favorit di dunia adalah dengan adanya kenaikan harga, hal tersebut ditunjukan pada beberapa properti yang mengalami kenaikkan harga. Sebut saja beberapa contohnya, pada Alam Sutera harga rumah disana naik hingga 0,8% dan pada Lippo Cikarang mengalami kenaikkan sebesar 0,4%.

Sementara ini, menurut survei yang berasal dari Bank Indonesia diperkirakan harga rumah baru di seluruh kawasan di Indonesia akan naik hingga 5 sampai dengan 7 persen dikuartal pertama pada tahun ini. Bahkan kenaikkan ini akan lebih tinggi jika dibandingkan pada tahun 2014 lalu.

Selain kenaikkan harga , faktor lain yang mendukung adalah adanya waktu terbaik. Tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan properti akan mendapatkan keuntungan dari rencana infrastruktur yang akan dibuat oleh bapak Presiden Joko Widodo, yang mana dituangkan dalam APBN-P ( Anggaran Pendapatan dan Belanja ) dana tersebut akan diserahkan kepada Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat senilai Rp 290,3 triliun.

Adanya kesempatan tersebut, membuat bisnis properti berada di waktu terbaik dari pada tahun- tahun sebelumnya. Sehingga para investor memutuskan untuk lebih mendalami bisnis pada sektor properti ini.


Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita