198 Kamis, 26 Februari 2015 | 12:24:26

Pembangunan JLNT Solusi Untuk Kemacetan di Jakarta

Pembangunan JLNT Solusi Untuk Kemacetan di JakartaIlustrasi

Masalah kemacetan di Jakarta belum ada penyelesaian yang dapat menangani masalah itu, hal tersebut terjadi karena jumlah kendaraan lebih banyak daripada fasilitas jalan yang ada.

Pemerintah berniat untuk mengurangi kemacetan di Jakarta dengan membangun JLNT (Jalan Layang Non Tol). Namun usaha dari Pemprov DKI Tersebut tidak membawa pengaruh yang besar terhadap kemacetan yang ada.

Untuk mengurangi hal ini, selain adanya pembangunan JLNT, pemerintah juga harus menyediakan jalur pendukung. Sehingga kemacetan dapat berkurang secara signifikan.

Selain itu seharusnya pemerintah lebih ketat menerapkan peraturan dan pajak terhadap pemilik kendaraan, seperti yang telah dilakukan oleh negara lain, yaitu menaikkan tarif parkir kendaraan. Sehingga orang yang memiliki kendaraan berfikir lagi untuk memarkirkan kendaraannya diluar dan memutuskan untuk menaiki angkutan umum.

Pembangunan JLNT ini hanya sedikit berpengaruh terhadap kemacetan yang ada, karena saat ini sangat mudah penduduk Indonesia dalam mendapatkan atau memiliki kendaraan, terutama kendaraan roda dua. Hal ini menyebabkan volume kendaraan terus meningkat sehingga menyebabkan kemacetan.

Masalah ini mungkin akan selesai jika pemerintah menerapkan peraturan- peraturan yang wajib di lakukan oleh semua penduduk.

Pemerintah dapat membatasi kepemilikan kendaraan, meninggikan biaya parkir disetiap area, memperbaiki angkutan umum yang ada di Jakarta sehingga masyarakat berminat menaiki kendaraan umum dibandingkan menggunakan kendaraan pribadinya, dan harus ada kerjasama yang baik antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dalam mengatasi masalah kemacetan di Jakarta ini.

Pada saat ini kemacetan terjadi bukan hanya pada jam kerja dan pulang kerja saja, akan tetapi kemacetan mulai melanda ruas- ruas jalan di Jakarta setiap saat.

Tingginya tingkat kemacetan di Jakarta mengakibatkan produktifitas pekerja menurun, hal ini dapat berdampak buruk bagi kualitas pekerja di Jakarta. Karena sebelum mereka sampai kantor, mereka sudah lelah dengan aktifitas di perjalan menuju kantor.

Semoga dengan adanya pembangunan dan pelengkap fasilitas JLNT ini dapat berdampak positif terhadap masalah ini. Dengan peningkatan kualitas pembangunan JLNT ini, diharapkan dapat berpengaruh besar terhadap kemacetan di Jakarta.

 

Sumber : Kompas

 

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita