1509 Jum'at, 30 Januari 2015 | 11:14:16

PBB dan NJOP akan dihapus, bagaimana menentukan harga tanah?

PBB dan NJOP akan dihapus, bagaimana menentukan harga tanah?ilustrasi

Kementrian Agraria dan Tata Ruang mengusulkan akan menghapus Pajak Bumi Bangunan, otomatis NJOP juga akan hilang. Jadi, menurut Ferry Mursyidan, Menteri Agraria dan Tata Ruang, Pengenaan PBB tersebut hanya dilakukan sekali saja saat transaksi awal rumahnya.

Ferry juga mengungkapkan jika transaksi tanah berdasarkan NJOP sudah tidak diperlukan lagi. Menurutnya sudah tidak ada transaksi tanah yang murni dengan memakai NJOP. Karena itu, NJOP tidak lagi menjadi standar yang melahirkan fairness atau keadilan.

Menurut Ferry lagi, untuk menentukan standar transaksi tanah tersebut, adalah mengikuti harga pasar. Harga pasar tersebut setiap tahunnya terus di update. Dengan demikian bisa menggunakan standar yang ditetapkan pemerintah.

Mengetahui Harga Tanah
Dengan dihapusnya NJOP harga tanah akan berdasarkan dari harga pasar yang berlaku di suatu kawasan. Lalu bagaimana kita bisa mendapatkan referensi tentang harga pasar yang berlaku tersebut?

Khususnya untuk memperkirakan harga tanah di Indonesia, hal ini telah dikembangkan oleh portal PeluangProperti.com, khususnya daerah Jakarta dan Tangerang. PeluangProperti telah mampu memberikan nilai akurat mengenai harga tanah di kawasan Jabodetabek.

Informasi harga tanah ini akan sangat membantu anda dalam menentukan kisaran harga tanah di kawasan yang akan ditransaksikan. Apalagi dengan ditiadakannya NJOP nanti, tentu menentukan harga tanah melalui portal ini tidak akan kesulitan lagi.

Harga tanah yang tercantum sangat detail dan dari kelurahan sampai kotamadya. Pengunjung hanya tinggal memilih daerah lokasi yang diinginkan dari Kotamadya, Kecamatan, sampai kelurahan, maka akan tampil daftar harga tanah di kawasan tersebut.

Dengan informasi ini, maka tidak lah sulit lagi untuk memperkirakan harga tanah di lokasi tertentu, hanya tinggal menambahkan dengan nilai bangunannya.

PeluangProperti

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita