206 Kamis, 08 Januari 2015 | 10:35:05

Properti Sunrise

Properti  Sunrisekompas

Tahukah Anda yang dimaksud properti “sunrise”? mungkin diantara Anda ada yang pernah membaca sebuah brosur ataupun media cetak, atau mungkin Anda pernah ditawari langsung oleh agen properti untuk menginvestasikan uang pada properti yang mereka jual.

Properti “ Sunrise” ini bukanlah properti biasa,  artinya produk properti tersebut berada di kawasan yang sedang berkembang sehingga mempunyai potensi besar untuk mengalami pertumbuhan harga.
Andy K Natanael, seorang Presiden Direktur PT Modernland Realty, Tbk, mengatakan bahwa properti dalam kondisi “ Sun rise” adalah apabila berada di lokasi yang sama sekali belum mapan atau dengan katalain lokasi dimana lokasi tersebut masih terus mengembangkan daerahnya untuk menuju kelengkapan ekologis kawasan.

Lokasi tersebut masih terus melakukan pengembangan agar menjadi lebih lengkap. Kelengkapan yang dimaksud disini adalah ada huniannya, ada ruang aktivitasnya dan ada fasilitas komunalnya. Jika fasilitas-fasilitas tersebut ada yang belum dibangun , pasti akan dibangun, hal ini disampaikan oleh Andy kepada Kompas, Rabu (7/1/2015).

Lingkungan di sekitar lokasi properti tersebut juga telah di lengkapi dengan akses berupa infrastruktur baru yang terkonseksi dengan infrastruktur lama. Akses tersebut adalah berupa jaringan jalan baik tol, arteri, lingkungan ataupun berbasis rel.

Jika Anda menemukan properti berada di lokasi seperti yang telah disebutkan diatas , maka itulah yang disebut dengan properti “sun rise”, karena mempunyai potensi untuk mengembangkan pertumbuhan harga yang memang menjanjikan.

Menurut Andy, pertumbuhan harga yang mungkin terjadi pada properti Sun Rise adalah mencapai 20% sampai 25 %. Pertumbuhan harga tersebut akan semakin cepat jika rancangan induk satu persatu di kembangkan, contohnya; pembangunan ruko, pusat perbelanjaan, fasiliatas pendidikan, fasilitas kesehatan, fasilitas hiburan dan fasilitas olahraga.

Sebuah kawasan pengembang akan lebih cepat mendongkrak nilai properti jika dibandingkan dengan kawasan yang sudah mapan, pertumbuhan harganya akan tipis, hal ini disebabkan nilai propertinya sudah tinggi.

Andy menambahkan, selain mempertimbangkan lokasi dan kawasan di lingkungan sekitar, calon konsumen juga harus dapat menghitung secara tepat saat membeli properti “sun rise”.
Tahun ini merupakan waktu yang tepat jika Anda ingin membeli properti karena sebagian pengembang telah menaikkan harga  namun kenaikkannya tidak setinggi kenaikkan harga pada tahun 2012 dan 2013.

Menurut Andy, saat ini pengembang lebih realistis dengan kondisi saat ini. Kalaupun pengembang mau menaikkan harga hanya sekitar 5% sampai 10%. Olehkarena itu tahun ini adalah waktu yang tepat untuk membeli properti setelah tahun 2014 lalu cukup melambat. Tahun ini adalah saatnya untuk melakukan pemulihan dan melakukan eksekusi. Karena sebelumnya tertunda dengan adanya politik dan hambatan lainnya.

Sumber: kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita