503 Kamis, 04 Desember 2014 | 12:04:40

MNC Mengerjakan Fisik Tol Bocimi di Awal 2015

MNC Mengerjakan Fisik Tol Bocimi di Awal 2015bogor

MNC Group akan mengembangkan megaproyek infrastruktur jalan bebas hambatan atau tol yang menghubungkan Bogor-Ciawi-Sukabumi (BoCiMi), pengerjaannya akan dikerjakan melalui anak usaha MNC Tol, penggarapan tahap pertama pada Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer di awal tahun 2015.
Penggarapan ini akan menjawab keraguan warga Bogor  dan Sukabumi, khususnya bagi warga yang tempat tinggalnya dilalui tol tersebut, mereka enggan untuk melepas tempat tinggal mereka guna untuk kepentingan umum.

Direktur PT Trans Jabar Tol & Vice President PT MNC Tol Rully Rakhmatullah, mengatakan bahwa untuk rencana kontruksinya di kerjakan pada awal Januari dan akan dikerjakan secara serentak. Pengerjaan ini akan dibagi kedalam tiga tahap yakni tahap pertama panjangnya 15 kilometer, jika tiga tahap itu artinya masing-masing  dibagi 3 paket. Rabu, (3/11/2014)

PT MNC Tol saat ini sedang mempersiapkan progress untuk memulai pembangunan fisik dan melakukan pemilihan calon kontraktor yang akan mengerjakan jalan pengurai kemacetan di jalur “tengkorak” itu.
Beliau berharap semoga Desember ini sudah ada kontraktor yang terpilih, mengingat saat ini sedang dilakukan tender pemilihan calon kontraktor, jika telah terpilih maka pembangunan fisik dapat segera di laksanakan.

Mengenai pembebasan tanah, pihaknya telah mendapat respon positif dari masyarakat dan hingga kini prosesnya sudah mencapai 76%.

Untuk memasukkan alat berat ke dalam lokasi pengerjaan diharapkan proses pembebasan tanah mencapai 80-87 persen dan sisanya sekitar 13-15%  dapat melibatkan bantuan dari Pemkot/Pemkab Bogor, Badan Pertahanan Nasional (BPN), P2T ataupun TPT, jelasnya.
Lambatnya pembebasan tanah dikarenakan masalah klasik seperti masalah harga yang belum sesuai. Namun demikian kita yakin P2T dan TPT dapat menyelesaikan masalah itu secepatnya tanpa harus konsinyasi,  ungkapnya.

Pembangunan tahap pertama ditargetkan dapat selesai selama dua tahun. Dengan demikian pihaknya berkeyakinan dengan dimulainya pembangunan fisik yang dilakukan secara serentak yang di bagi kedalam tiga paket ini, dapat memberikan harapan khususnya mengenai masalah tanah. Sehingga pada akhir 2016 jalan tol ini sudah dapat beroperasi. Pembangunan fisik akan di mulai pada awal tahun ini, sebagai bukti keseriusan kita dalam membangun jalan tol ini.

Mengenai fisik kontruksi tol Bocimi digunakan dua kombinasi yakni fisik pembangunan diatas tanah dan elevated (layang). Modelnya seperti jalan tol Prubaleunyi. Namun itu semua akan disesuaikan dengan kondisi tanah di sepanjang jalur yang akan dibangun.

Dana untuk investasi pembangunan ini bisa mencapai Rp 2 triliun dimana untuk setiap pembangunan 1 kilometer menghabiskan dana sebesar Rp 100 miliar. Karena itu dapat ditaksir biaya untuk pembangunan tol ini berkisar antara Rp 1,8 triliun sampai Rp 2 triliun.

Sumber: Sindo

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita