137 Jum'at, 28 November 2014 | 16:15:34

Tanggapan pihak hotel atas himbauan rapat pemerintah

Tanggapan pihak hotel atas himbauan rapat pemerintahMICE room salah satu hotel

Rencana penghematan dari pemerintah adalah dengan memangkas anggaran rapat lembaga pemerintahan di hotel. Kebijakan yang akan efektif mulai 1 Desember ini tentunya akan berpengaruh terhadap bisnis perhotelan. Bagaimana tanggapan dari pihak-pihak yang terkait akan himbauan tersebut?

Ketua Perhimpunan Pengusaha Hotel dan Restoran (PHRI) Jawa Barat Herman muchtar memperkirakan pendapatan perhotelan akan berkurang sebanyak 40 persen.

Menurut Herman, saat ini pemesanan ruang rapat di hotel-hotel sudah banyak menerima pembatalan dari instansi pemerintahan (Kamis, 27/11). Di daerah Jawa Barat, pendapatan hotel menurun hingga 30 persen. Mayoritas usaha perhotelan di Bandung memang mengandalkan pendapatan dari MICE (Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions).

Yang dikhawatirkan oleh Herman adalah proyek-proyek pembangunan hotel baru di Jawa Barat. Dampaknya adalah proyek tersebut bisa terkena kredit macet akibat pendapatan turun.

Sedangkan dari salah satu pihak hotel di Jawa Tengah, Hotel oak Tree Emerald akan menggeser pasarnya. Jika selama ini mengharapkan instasi pemerintah, maka saat ini akan berkonsentrasi terhadap segmen perusahaan. Sebab saat ini di daerah semarang sedang bertumbuh perusahaan yang akan berdampak baik terhadap okupansi hotel. Demikian dijelaskan oleh Artika Sari, Humas Oak Tree Emerald Hotel Semarang.

Sedangkan dari Pihak PHRI Semarang meminta agar pemerintah merevisi kembali terkait himbauan tersebut. Menurut Heru Isnawan, ketua PHRI Jawa Tengah, hotel bisa menyesuaikan dengan anggaran dan pagu pemerintah. Jadi jika pemerintah bertujuan berhemat, mereka mampu membuat pilihan anggaran.

Sedangkan dari PHRI Sumsel, Ketua PHRI Herlan Aspiudin mengatakan himbauan tersebut terdapat beberapa pengecualian. Menurutnya, berdasarkan surat yang diterimanya, Ketentuan rapat boleh digelar di hotel bila tidak memungkinkan dilaksanakan di Kantor(Kamis, 27/11).

Sumber : Tempo, Beritasatu, merdeka

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita