172 Kamis, 20 November 2014 | 16:45:23

Menpupera : kawasan perbatasan belum terjamah pengembang

Menpupera : kawasan perbatasan belum terjamah pengembangkawasan perbatasan - queenofsheeba

Masih banyaknya daerah yang belum terjamah di Indonesia diingatkan oleh Menpupera kepada asosiasi Real Estate Indonesia (REI). Menpupera meminta agar para pengembang untuk membangun perumahan di daerah perbatasan.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono pengembangan di kawasan perbatasan belum terjamah. Padahal potensi di perbatasan juga besar untuk dikembangkan. Harga juga masih belum terlalu mahal.


Dengan demikian, pengembangan perbatasan juga bisa membantu pemerintah dalam meningkatkan kawasan perbatasan secara ekonomi. Kawasan perbatasan Indonesia saat ini masih tertinggal dibandingkan negara tetangga. Dalam pandangan Basuki, kualitas dan produktivitas hidup serta daya saing tidak bisa berkembang jika tidak ada hunian memadai.

Selain pembangunan perumahan, Basuki juga telah mencanangkan pembangunan infrastruktur di perbatasan. Di perbatasan terdapat 50 daerah perbatasan negara yang perlu difokuskan pembangunan infrastruktur termasuk pembangunan pengairan dan irigasi. lima puluh titik ini merupakan perbatasan di daerah Papua, NTT, dan Kalimantan. (19/11)

Kebutuhan hunian
Dari pihak REi, Indonesia saat ini masih kekurangan hunian sampai 15 juta unit. ketertinggalan hunian tersebut sulit untuk dikejar, karena kebutuhan rumah setiap tahun mencapai Rp 800 ribu, sedangkan pemerintah dan REI hanya mampu memenuhi sampai 200 ribu unit.

Untuk itu, REI meminta agar pemerintah bisa membuat regulasi yang mampu mendukung industri properti. Dengan mengeluarkan regulasi pro rakyat, Setyo Maharso, Ketua Badan Pertimbangan Organisasi REI yakin industri properti akan tumbuh 10 persen pada tahun depan.

Setyo juga mengakui banyak wilayah yang belum tergarap dengan maksimal. Sedangkan di kota-kota besar harga properti sudah melewati nilai riil propertinya.

Sumber : CnnIndonesia, beritasatu

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita