63 Jum'at, 24 Oktober 2014 | 13:13:55

IPW : Jangan salah pilih Menpera dan jangan digabung ke PU

IPW : Jangan salah pilih Menpera dan jangan digabung ke PU

Penyusunan Kabinet baru sebagai pendukung pemerintahan Jokowi masih terus diproses. Beberapa isu pun berkembang, dan para pengamat politik berpesan agar Presiden tidak salah memilih sosok Menterinya. Begitu juga untuk posisi Menteri Perumahan Rakyat.

Pengamat Properti Ali Tranghanda dalam tulisannya di Indonesia Property Watch (IPW) mengatakan bahwa Pemerintah jangan sampai salah dalam memilih Menpera.

Ia juga menolak jika Kementrian Perumahan Rakyat ini digabungkan dengan Kementrian Pekerjaan Umum (PU). Isu ini sempat berkembang, dan dianggapnya merupakan jalan mundur bagi penyediaan rumah rakyat. Kontrol dan fokus terhadap perumahan rakyat jadi tidak ada.

Ali menjelaskan bahwa jika benar dua kementrian tersebut digabungkan bisa mengganggu kinerja kementrian satu sama lain. Meskipun bisa saja digabungkan, namun akan terdapat dua perbedaan kepentingan. Melalui organisasinya, Indonesia Property Watch, Ali meminta penambahan tugas pada Kementrian Perumahan Rakyat yaitu Prasarana Wilayah. Sebab banyak penyediaan rumah rakyat yang terbentur masalah prasarana di daerah yang membutuhkan penanganan dari pusat. Sedangkan Kementrian PU biarkan saja menangani infrastruktur perkotaan dan nasional.

IPW juga memberi catatan kepada presiden agar menteri yang dipilih harus yang memahami tentang perumahan rakyat. Jadi tidak semata-mata hanya seorang profesional. Tapi profesional yang terbukti track recordnya di perumahan rakyat.

Menurut Ali lagi beberapa calon yang selama ini diusung sebagai calon untuk dipilih. Namun ia beranggapan calon tersebut belum menggambarkan kompetensinya untuk menyentuh perumahan rakyat.

"Pemerintah harus lebih fokus mengurus public housing dan bukan perumahan umum komersial." katanya.

Seperti diketahui beberapa nama calon kandidat adalah Direktur Jakpro Budi Karya, dari PKB Marwan Ja'far, dan Ketua DPP Apersi Eddy Ganefo. Dan kandidat terkuat adalah politikus dari Nasdem, Enggartiasto Lukita.

Sumber : IndonesiaPropertyWatch

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita