252 Rabu, 15 Oktober 2014 | 20:45:12

Pasar Properti Tetap Positif Setelah Pemilu.

Pasar Properti Tetap Positif Setelah Pemilu.

Pasar properti Indonesia masih memperlihatkan angka positif setelah selesainya pemilu 2014. Walaupun pertumbuhan ekonomi melambat, dan rupiah terpuruk tetapi hal ini tidak begitu berdampak pada sector properti. Hal ini terlihat dari hasil riset JLL pada kuartal ke tiga tahun 2014.

Direktur Strategis dari JLL, Herully Suherman mengatakan bahwa seluruh subsector properti dari perkantoran sampai sector ritel masih mendapatkan penilaian positif dari pasar properti. Suherman juga mengatakan bahwa perkantoran komersial memperlihatkan performa yang meyakinkan dengan ditandainya tingkat hunian di cental bisnis distrik yang stabil yaitu berada di angka sekitar 94 persen. Angka ini dinilai tidak banyak berubah. Hal ini juga berlaku pada tingkat hunian kantor di luar kawasan CBD yang juga masih stabil, yaitu di angka 90%.

Luke Rowe yang menjabat sebagai Head of Residensial JLL mengatakan bahwa apartemen strata title menunjukkan pertumbuhan yang paling signifikan dalam tiga kuartal terakhir dan penyerapan yang mengalami pelonjakan sebanyak 20% dari kuartal sebelumnya dan menembus ke angka 4900 unit. Hal ini mengakibatkan penyerapan apartemen telah mencapai 12 ribu unit di kuartal ketiga.

Luke juga mengutarakan bahwa sentiment positif akan terus berlanjut sampai tahun 2017 dan pada saat itu, 56 ribu apartemen strata telah mencapai tingkat penjualan sebesar 78% pada kuartal ketiga tahun 2014. Tingkat hunian pun juga dinilai stabil pada level 93%.

James Austen ssebagai head retail JLL mengatakan bahwa para pemain ritel masih berhati-hati dalam melakukan peluasan usaha karena kondisi ekonomi dan persepsi positif akan masih tetap ada hingga tahun 2015. Pada kuartal ketiga sebesar 41.00 meter persegi telah terserap dengan dibukanya St Moritz Mall di Jakarta Barat. Dengan kondisi yang seperti ini, Todd Lauchlan yang menjabat sebagai Kepala JLL untuk Indonesia merasa optimis akan property Indonesia dan percaya property Indonesia masih dalam tahap yang baik. Bila presiden yang akan naik mempunyai wacana reformasi di berbagai sector akan berdampak positif dimana hal ini dapat memberikan peluang pada pasar property nasional yang lebih maju. Diharapkan wacana kepemilikan asing juga dapat membuka kesempatan bagi pelaku industry property untuk bersaing di tingkat international.

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita