295 Sabtu, 04 Oktober 2014 | 12:17:38

MEA peluang besar dalam bisnis properti

MEA peluang besar dalam bisnis propertivibiznews

Dalam menghadai Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) nanti, pengembang Indonesia menyatakan siap untuk meraih keberhasilannya. Mereka menganggap MEA adalah peluang besar dalam bisnis properti, bahkan membuka peluang hingga keluar negeri.

Wakil Sekjen DPP Real Estate Indonesia (REI) dari Medan, Tomi Wistan mengatakan hal itu dimungkinkan karena dimungkinkannya pengembang Indonesia mendapatkan pinjaman langsung dari pengusaha ASEAN atau dari perbankan. Saat ini jika dibandingkan, ternyata suku bunga kredit perbankan Indonesia cenderung lebih tinggi dari negara asing.

Industri porperti di Indonesia juga sangat diminati oleh para pengusaha asing. Ada dua hal yang membuat bisnis properti Indonesia cenderung diminati. Yang pertama adalah kebutuhan properti yang masih besar kemudian biaya membangun properti di Indonesia lebih murah di banding negara lain. Nilai tukar rupiah juga masih lebih rendah dibanding negara lain.

Bagi REI dan pengembang, situasi tersebut diharapkan akan mampu meningkatkan roda bisnis properti di tahun 2015. Bahkan bisa melebihi pertumbuhan di 2013. Sedangkan tahun ini, pertumbuhan properti melambat oleh karena berbagai faktor.

Toni juga menjelaskan perlambatan tahun ini terjadi di semua segmen. Baik harga jual, harga lahan, bahan bangunan semakin mahal dan berbiaya tinggi, sedangkan daya beli masyarakat juga melemah.

Gubernur Sumut juga menyatakan terus mempersiapkan daerahnya untuk menghadapi MEA. Dia meminta agar perbankan bisa memangkas birokrasi kredit yang berbelit agar bisa mendorong pergerakan ekonomi.

Sumber : Beritasatu

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita