474 Kamis, 02 Oktober 2014 | 15:59:10

13 Arsitek untuk 13 Rumah Susun Bandung

13 Arsitek untuk 13 Rumah Susun Bandungarsiteki

Ridwan Kamil, Walikota Bandung berniat membangun apartemen rakyat atau rumah susun untuk warga kelas menengah ke bawah. Akan ada 13 bangunan yang akan dibangun di tanah-tanah kosong di Kota Bandung.

Untuk merealisasikan rencananya tersebut, Emil (sapaan Ridwan Kamil) mengumpulkan 13 arsitek untuk mendesain masing-masing 13 bangunan apartemen rakyat tersebut.
 
"Yang saya kumpulkan yang terbaik dan mau membantu percepatan proyek apartemen rakyat." Katanya setelah acara pertemuannya dengan kumpulan arsitek se-Bandung, Rabu (01/10).

Menurutnya dengan bantuan para arsitek ini, desain bangunan dan Design Engineering Detail (DED) akan bisa dipercepat. Awanya diperkirakan hanya DED saja tahun depan baru rangkum. Tapi dengan adanya arsitek bisa selesai tahun ini sehingga tahun depan bisa dimulai pembangunannya.

Apartemen tersebut akan dibangun di tanah kosong milik Pemprov Bandung, seperti di Sadang Serang, Rancacili, Bagus Rangin, Gedebage, Cingised, Nyengsered, Jamika, Jatayu, Braga. Pemanfaatan lahan kosong ini menjadi solusi agar tidak ada penggusuran tanah untuk pembangunan apartemen.

Untuk Masyarakat Menengah Bawah
Emil juga menjelaskan peruntukan dari apartemen ini. Katanya Apartemen ini digunakan oleh masyarakat kalangan mengengah ke bawah, seperti masyarakat kumuh. Dengan apartemen maka solusi kumuh kota bisa selesai.

Dia mengingatkan tidak akan ada masyarakat menengah atas yang dapat memiliki atau menyewa apartemen tersebut. Pemkot akan membuat peraturan walikota untuk membatasi kepemilikan apartemen ini agar tepat sasaran.

Dana yang diperkirakan adalah mencapai Rp 1 triliun. Dan Emil mengakui bahwa sumber dana dari APBN, APBD dan Swasta.

Ke-13 Bangunan ini akan bisa menampung lebih dari 10 ribu kepala keluarga. Dan desain juga dijanjikan akan menarik, karena Emil memberi kesempatan kepada arsitek untuk berkreasi. Jadi ke13 apartemen tersebut akan berbeda-beda

Sumber : tribunnews, galamedia

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita