301 Kamis, 02 Oktober 2014 | 14:39:21

BBM & TDL Naik, Properti ikutan naik

BBM & TDL Naik, Properti ikutan naiktangseloke

Diperkirakan tahun depan harga properti akan mengalami kenaikan. Menurut DPD REI Jawa Tengah, hal ini dipicu oleh beberapa macam faktor, seperti kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan tarif dasar listrik (TDL).

Wakil Ketua REI Jateng Bidang Promosi Humas dan Publikasi Dibya K Hidayat mengatakan harga jual dari sektor properti harus menyesuaikan dengan kenaikan BBM dan TDL.

Dengan kenaikan BBM dan TDL akan mempengaruhi harga material bangunan. Oleh karena itu harga properti juga bisa terkena dampak kenaikannya. Pengaruhnya tidak secara langsung, tapi dari kenaikan harga bahan properti tersebut.

Diprediksikan kenaikan harga antar 5-10 persen. Dengan kenaikan tersebut akan menutup biaya produksi pembangunan properti. Namun Dibya menjelaskan kenaikan harga tidak akan langsung melonjak. Tetapi dengan cara bertahap, agar masyarakat dan calon pembeli tidak kaget dengan kenaikan harga tersebut.

Jadi, Dibya menuturkan bahwa tahun depan kenaikan tetap antara 5-10 persen, dan selanjutnya akan dilakukan bertahap. Namun dia juga belum bisa memastikan apakah angka pada 5-10 persen itu bisa menutupi biaya produksinya.

Selain BBM dan Listrik, pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS juga bisa mempengaruhi kenaikan harga properti di Indonesia. Bahan baku yang harus diimpor sangat mempengaruhi harga properti. Salah satunya adalah besi.

Melihat potensi kenaikan harga properti tahun depan, memicu masyarakat untuk membeli rumah. Dibya mengklaim keberhasilan pameran REI di Jateng karena hal tersebut. Terlihat dari penjualan rumah di pameran mencapai 230 rumah terjual.

Sumber : Beritasatu

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita