524 Senin, 15 September 2014 | 15:26:34

Reklamasi Pantura akan selesai 2024

Reklamasi Pantura akan selesai 2024Rencana reklamasi pulau Pantura Jakarta

Geliat properti di pantura semakin menunjukkan proses jangka panjang yang tidak main-main. Salah satunya adalah megaproyek untuk membuat 17 pulau terintegrasi seluas 5.100 hektar di wilayah Pantai utara (Pantura)

Reklamasi ditujukan untuk pengembangan dan pemanfaatan perairan yang pantainya dangkal. Proyek Pemprov DKI inidirasa menjadi kebutuhan mutlak untuk pengembangan pelabuhan, tempat bersandar kapal, peti kemas, gudang dan sebagainya.

Fungsi lain dari reklamasi ini adalah mengurangi padatnya penduduk di kota, dan menciptakan wilayah baru untuk permukiman. Semakin mahalnya daratan dan menipisnya lingkungan di darat menjadikan reklamasi pilihan untuk perluasan lahan.

DKI Jakarta merencanakan reklamasi pantai di kawasan utara Jakarta. Kawasan baru akan terbentuk seluas 5.100 hektar. Sejumlah pengembang properti akan ikut menggarap megaproyek tersebut dengan membangun 17 pulau buatan yang saling terhubung dengan daratan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Andi Baso Mappapolenoro mengatakan sudah ada delapan pengembang yang siap melaksanakan reklamasi 17 pulau tersebut. Pengembang tersebut adalah PT Intiland, PT Pembangunan Jaya Ancol, Agung Podomoro, KNI, PT Manggala Krida Yudha dan PT Pelindo.

Jutaan meterkubik pasir akan dikeruk dari SUmatera untuk program reklamai di 17 pulau buatan. Pulau ini rencananya akan berkembang menjadi kawasan yang lengkap dengan permukiman, gedung, jalan. Dan rencana pengoperasiannya adalah pada tahun 2024.

Lahan pertanian
Datang dari Pemda DKI Jakarta, Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan lahan reklamasi yang akan dibentuk sebagian akan dipakai untuk lahan pertanian. Setidaknya sekitar 5 persen harus dijadikan sebagai lahan pertanian, perikanan dan lain sebagainya.

Penambahan pembangunan lahan pertanian itu adalah sebagai kesiapan pemprov DKI Jakarta dalam penyediaan bahan pangan.

Sumber : Beritasatu, KoranJakarta

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Berita