4 Selasa, 26 Agustus 2014 | 16:27:00

REI Rencanakan Bangun 8.000 Rumah di Jateng

REI Rencanakan Bangun 8.000 Rumah di Jatengtempo

Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah merencanakan pembangunan rumah sederhana bagi masyarakat berpenghasilan rendah atau MBR. Tidak tanggung-tanggung, jumlah yang ditargetkan REI mencapai 8.000 unit hingga akhir tahun 2014 ini. Jumlah tersebut lebih tinggi ketimbang dengan realisasi pembangunan rumah sederhana pada tahun 2013 lalu. Saat itu, yang tercatat ada 7.600 unit rumah sederhana yang berhasil dibangun REI.

MR Priyanto yang merupakan Ketua REI Jateng mengungkapkan, dari Januari hingga Agustus 2014 REI Jateng sudah sukses membangun 5.000 unit rumah sederhana. Beberapa masalah yang dihadapi, di antaranya yaitu masih adanya perbankan yang meminta pengembang untuk memperoleh rekomendasi dari Kementerian Perumahan Rakyat, supaya dapat mengakses Fasilitas Likuiditas Pembiayaan perumahan atau yang disingkat FLPP.

"Tapi kemarin sudah ada penjelasan dari Kementerian Perumahan agar tidak perlu rekomendasi. Yang penting harga sesuai ketentuan yang ditetapkan yakni maksimal Rp 105 juta," ujar Priyanto di tengah acara penutupan pameran REI Expo ke-7 tahun 2014, Selasa (26/8/2014).

Priyanto menyatakan, REI Jateng terus menerus melakukan dan mempercepat pembangunan rumah sederhana, karena angka backlog atau kebutuhan rumah di kawasan ini masih cukup tinggi, yaitu mencapai 350-400 ribu unit. Padahal kemampuan pengembang untuk menyediakan rumah sederhana maksimal hanya sebesar 12.000 unit.

"Pengembang hanya bisa 12.000 per tahun, sementara backlog sebesar 350 ribu. Ini akan bertambah terus karena tidak bisa mengikuti," katanya.

Priyanto menaruh harapan terhadap pemerintah agar mereka membatalkan rencana penghapusan program FLPP untuk rumah tapak. Masalahnya program itu masih sangat dibutuhkan untuk masyarakat dengan penghasilan rendah. "Bagi masyarakat berpenghasilan rendah membeli dengan harga Rp 105 juta masih sangat sulit. Apalagi kalau FLPP dihapus," jelasnya.

 

 

Sumber: okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita