194 Sabtu, 16 Agustus 2014 | 10:56:28

Infrastruktur Sebabkan Harga Properti Melonjak

Infrastruktur Sebabkan Harga Properti Melonjakviva

Kelengkapan infrastruktur seperti di jalan tol diprediksi menjadikan harga properti di sekitarnya meningkat signifikan. Salah satu contohnya adalah di kawasan Bekasi dan di area Jakarta Barat Daya. Berdasarkan survei yang dilaksanakan portal properti Lamudi, pembangunan akses tol Cibatu di Lippo Cikarang dan JORR 2 di Jakarta yang berpengaruh signifikan pada harga properti di sekitarnya. Bahkan, kenaikannya diperkirakan terus meningkat pada tahun-tahun mendatang.

"Infrastruktur baru di sebuah kota akan sangat mempengaruhi dinamika harga properti. Ini hanya beberapa contoh dari proyek-proyek infrastruktur besar di Jakarta yang berdampak dramatis pada harga properti lokal dan kualitas hidup masyarakat di sekitarnya," ungkap Karan Khetan yang merupakan Managing Director Lamudi Indonesia, yang dilansir dari keterangan tertulis perusahaan, Jumat (15/8/2014).

Bukan merupakan sesuatu yang mengherankan, bila pembangunan jalan tol dapat menaikan harga properti di kawasan sekitar infrastruktur tersebut. Contohnya, gerbang jalan tol Cibatu yang merupakan proyek dari PT Jasa Marga (Persero) dan Lippo Cikarang, berhasil mengurangi hingga 77 persen arus kemacetan menuju Lippo Cikarang melalui tol Cikampek yang sebelumnya sangat padat melalui pintu Cikarang Barat. Proyek senilai Rp 250 miliar ini bahkan dinilai dapat menghemat 30 menit waktu perjalanan Anda dari Jababeka ke arah Lippo Cikarang.

Menurut hasil riset Lamudi, pasca pembangunan tol Cibatu, nilai lahan di kawasan pemukiman di sekitarnya telah mengalami peningkatan sebesar 30 persen lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya. Di mana harga tanah di kawasan pemukiman di Ibu Kota sendiri naik lebih lambat selama periode yang sama, yaitu 20,14 persen di Jakarta Pusat, 19,5 persen di Jakarta Selatan, dan 25 persen di Jakarta Utara.

 

 

Sumber: okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita