370 Jum'at, 08 Agustus 2014 | 13:07:46

Perumnas Bangun Rumah Rp 50 Jutaan Untuk MBR

Perumnas Bangun Rumah Rp 50 Jutaan Untuk MBRmegapasar

Perum Perumnas maneruskan misi utamanya yaitu membangun rumah murah untuk kelompok masyarakat berpenghasilan rendah atau MBR. Bekerja sama dengan pemerintah daerah di kota-kota pelosok Indonesia, Perumnas dapat membangun rumah senilai Rp 50-70 jutaan. Dalam kolaborasi itu Pemda berperan dalam penyediaan tanah dan Perumnas yang membangun rumahnya. “Kita bisa menjual seharga Rp 50 jutaan, rata-rata di tiap kabupaten kita bangun sebanyak 500-1.000 unit untuk kalangan MBR dan PNS,” ujar Arif Sugoto selaku Dirut Perumnas Himawan pada housing-estate.com di Jakarta, Kamis (7/8/14).

Himawan menilai bahwa dalam pembangunan rumah murah, yang terpenting adalah implementasi dan kemauan. Regulasi tidak perlu terlalu banyak sebab pihaknya telah membuktikan bisa menjalankan tanpa itu semua. Himawan tidak ingat berapa jumlah pemerintah daerah yang sudah berkolaborasi dengan Perumnas dalam pengadaan rumah murah. Beberapa contohnya yaitu di Kabupaten Ngada di Flores, Majene, Sulawesi Barat, Sasak di Lombok, Tarakan, Kalimantan Utara, dan lain-lain. Selain kolaborasi dengan Pemda, Perumnas juga membangun rumah murah di tanah kepunyaan sendiri. Sampai akhir tahun ini Perumnas merencanakan membangun 16 ribu rumah, 80 persen bagi kelompok MBR. Selain itu sampai tahun 2015 mendatang, Perumnas mengagendakan untuk membangun 200 menara di seluruh Indonesia. “Sekitar 50 persen dari rumah susun dibangun di Jabodetabek karena wilayah ini sudah tidak mungkin lagi dikembangkan landed house dengan harga murah.”

Perumnas saat ini membangun empat rumah susun atau Rusun, tiga berlokasi di Jakarta dan satu di Bekasi. Di Jakarta salah satunya yaitu Sentra Timur Residence di Pulo Gebang, Jakarta Timur, yang kini sudah diserahterimakan delapan menara dari total 11 menara yang akan dikembangkan. Di Cengkareng telah selesai 12 menara dan akan ditambah lagi delapan menara baru, selain empat menara baru di Cengkareng dan Bekasi Barat.

“Lokasi lain masih banyak seperti di Bandung, Medan, Balikpapan, dan kota-kota lain. Kita juga akan melakukan revitalisasi dan peremajaan untuk rusun-rusun yang kita miliki,” imbuhnya.

 

 

Sumber: housing estate

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita