144 Kamis, 07 Agustus 2014 | 12:22:27

Catatan IPW untuk solusi perumahan nasional

Catatan IPW untuk solusi perumahan nasional

Dengan akan dimulainya pemerintahan baru periode 2014-2019, Indonesia property Watch (IPW) mengingatkan pemerintah untuk menerapkan pola kebijakan yang baru dalam sektor perumahan rakyat. Sebab, IPW melihat kecenderungan pemerintah baru menerapkan pola kerja yang lama.

Ali Tranghanda, Direktur Eksekutif IPW mengatakan bahwa Indonesia belum memiliki guidance dan road map yang jelas mengenai arah kebijakan perumahan rakyat ini. Hal ini yang menjadikan harga tanah tidak terkendali sehingga akhirnya sulit menyediakan rumah rakyat yang terjangkau.

Dalam hal wewenang Ali juga menyatakan bahwa wewenang pusat tidak tersampaikan ke wilayah pemerintah daerah. Disebabkan oleh Pemda tidak berada dibawah Kementrian Perumahan Rakyat, namun berada di baha Kementrian Dalam Negeri. Dan untuk penyediaan lahan tergantung kepada kebijakan masing-masing Pemda. Ali menyarankan agar pemerintah perlu menyediakan bank tanah. Bank tanah berfungsi sebagai pengendali harga tanah, sehingga daya beli masyarakat rendah bisa terjangkau.

IPW juga memberikan catatan penting untuk menjadi agenda utama dalam sektor perumahan nasional, seperti :

1. Road Map perumahan nasuinal yang harus dibuat karena kebijakan yang ada kurang terintegrasi dengan baik

2. Peran Menpera yang kurang memiliki wewenang penuh karena penanganan sektor perumahan banyak kementrian didalamnya

3. Membentuk Badan perumahan Nasional untuk dapat menyelesaikan kekurangan back log perumahan saat ini.

4. Menyediakan Bank tanah yang dapat memberikan dampak besar untuk memenuhi rumah rakyat.

5. Membentuk Tapera setelah Badan Perumahan Nasional terbentuk sehingga dapat melakukan koordinasi dengan baik antar lembaga.

Pembentukan Badan Perumahan ini akan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada seperti pengendalian harga tanah, koordinasi dalam pelaksanaan program perumahan, dan menyelesaikan masalah kekurangan back log perumahan yang ada.

 

Sumber : indonesiapropertywatch

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita