222 Senin, 14 Juli 2014 | 10:31:45

Pengembang hanyalah Mitra, Pemerintah yang bertanggungjawab

Pengembang hanyalah Mitra, Pemerintah yang bertanggungjawabilustrasi perumahan rakyat

Dalam menyelesaikan masalah yang terjadi di perumahan rakyat nasional, pengembang menilai bahwa pemerintah tidak bisa menyelesaikannya. Pemerintah dianggap terlalu mengandalkan pihak swasta untuk membangun, padahal pemerintah yang seharusnya bertanggungjawab. Hal tersebut dibahas dalam acara Diskusi Menyoal Kriminalitas Hunian Berimbang di Jakarta, Jumat (11/07)

Ali Tranghanda, Direktur Eksekutif Indonesian Property Watch mengatakan bahwa pengembang seharusnya menjadi mitra pemerintah dalam pengembangan rumah rakyat, namun tetap pemerintahlah yang bertanggungjawab.

Sedangkan dari Huousing Urban Development, Zulfi Syarif Koto menilai bahwa tindakan Mentri Perumahan Rakyat Djan Faridz yang langsung melaporkan 58 pengembang ke Kejaksaan dan Kepolisian tanpa konfirmasi.

Yayan Supriatna, Seorang pengamat tata kota perumahan dan permukiman menjelaskan bahwa pengembang pada dasarnya adalah memang mencari keuntungan. Kondisi lahan yang mahal semakin tidak memungkinkan dalam membangun hunian berimbang. "Kalau dari ekonomi itu tidak masuk, tidak untung. Kalau mengacu pada sisi pendekatan ekonomi itu memang agak berat, apalagi dikaitkan harga lahan. Tapi kalau pendekatan secara sosial ini mungkin saja." Ujar Yayan.

Diskusi tersebut dilangsungkan di Restoran Pulau dua dengan dihadiri oleh para pengamat properti, pengembang, mantan pejabat Kemenpera.

Sumber : Merdeka

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita