273 Kamis, 10 Juli 2014 | 10:44:19

Profesional Menpera-nya Jika Jokowi Presidennya

Profesional Menpera-nya Jika Jokowi Presidennyabaltyra

Menurut perhitungan cepat “Kompas”, pasangan Jokowi-JK hampir dipastikan mengungguli pasangan Probowo-Hatta. Dalam mengemban tugas-tuganya, mereka harus didampingi oleh para perofesional, termasuk dalam membenahi sektor perumahan rakyat. Menurut Ali Tranghanda, pengamat properti Indonesia Property Watch (IPW), Jokowi dapat menciptakan program perumahan rakyat secara komprehensif karena memiliki sumber daya manusia yang berkompetensi dan berkapabilitas memadai di sektor perumahan.

"Jokowi presidennya, menteri perumahan rakyat (menpera)-nya harus dari profesional yang lama berkecimpung dalam bisnis dan industri perumahan (properti). Mereka dapat dipastikan bisa menjalankan tugas dengan baik karena sudah paham seluk-beluk permasalahan perumahan," ujar Ali kepada Kompas.com, Rabu (9/7/2014).

"Sebut saja mantan Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI) Enggartiasto Lukita, atau Setyo Maharso. Mereka bisa bekerjasama dengan solid dalam mengurai masalah perumahan, terutama mengurangi backlog 15 juta unit rumah, masalah pembiayaan, subsidi dan alokasi hunian untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)," tambahnya.

Sebelum ini, Jokowi dan tim suksesnya mencanangkan program pembangunan 5.000 menara rumah susun yang akan didukung perbaikan infrastruktur regulasi tata ruang untuk mengatasi kekurangan pasokan rumah.

Program tersebut merupakan bagian utama dari lima rencana Jokowi-JK dalam memperbaiki sektor perumahan. Bagian penting kedua adalah Jokowi akan menjamin perizinan satu pintu. Bagian ketiga yaitu Jokowi akan mengembalikan subsidi untuk rumah sederhana (RST), yang diharapkan dapat mengatasi kekurangan pasokan-pasokan rumah.

Bagian keempat, mengembalikan Perum Perumnas pada khittah-nya sebagai penyedia perumahan untuk masyarakat kalangan MBR. Dan bagian kelima, mengenai pembiayaan, yang telah disiapkan formulasi uang muka murah. Uang muka yang ditawarkan hanya satu persen dari total nilai rumah dengan angsuran berbunga satu persen selama masa tenor.

 

 

 

Sumber: properti.kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita