275 Selasa, 08 Juli 2014 | 15:19:16

Pemerintah Sediakan Rusun Khusus Bagi PNS Seluruh Indonesia

Pemerintah Sediakan Rusun Khusus Bagi PNS Seluruh Indonesiaassets.kompas

Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) berencana membangun rumah susun yang diperuntukan bagi pagawai negeri sipil (PNS) di seluruh Indonesia. Untuk menjalankan program tersebut, pemerintah akan menggunakan tanah negara untuk memfasilitasi para abdi negara tersebut. “Kami akan membangun Rusun untuk untuk para PNS di pemerintah pusat dan daerah yang tersebar di tiap-tiap provinsi. Jika program ini terwujud, maka para abdi negara yang tergabung dalam Korpri akan menikmati serta memiliki hunian yang layak dan dekat dengan tempat kerjanya,” ujar Menteri Perumahan Rakyat (Menpera), Djan Faridz saat hadir dalam kegiatan Sosialisasi Penyediaan Rumah Yang Layak Huni dan Terjangkau Bagi Anggota Korpri di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (7/7/14).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Dewan Pengurus Korpri Nasional Diah Anggraeni, Sekretaris Kementerian Perumahan Rakyat Rildo Ananda Anwar, para pejabat Kemenpera serta para perwakilan pengurus Korpri Kementerian/ lembaga, provinsi dan kabupaten kota dari seluruh Indonesia.

Berdasarkan kenyataan yang ditemukan selama ini, PNS tinggal jauh di pinggiran kota. Menurut Djan Faridz, harga rumah di perkotaan yang sangat mahal menuntut mereka untuk mencari hunian di daerah pinggiran kota. Hal ini menyebabkan mereka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai ke tempat kerja.

“Para PNS di pusat kebanyakan tinggal di Depok, Tangerang, Bogor, Bekasi, Tambun. Jarak dari rumah ke tempat kerja rata-rata bisa mencapai 50 – 60 km. Tentunya mereka tidak bisa bekerja secara maksimal karena sudah lelah saat perjalanan menuju ke tempat kerjanya. Salah satu solusi agar para PNS bisa tinggal di dekat tempat kerjanya adalah dengan membangun hunian vertikal seperti Rusun di kawasan perkotaan,” tambahnya.

Djan Faridz juga mengatakan bahwa pembangunan Rusun untuk PNS di pemerintah pusat akan ditujukan bagi PNS yang bekerja di Kementerian serta Pemda DKI Jakarta. Lokasi pembangunannya adalah di Kompleks Kemayoran, Jakarta.

Rusun yang akan dimiliki oleh para PNS ini bukan cuma bergna untuk tempat tinggal saja tetapi juga penunjang tugas mereka sebagai PNS atau abdi negara. Untuk Rusun tersebut nantinya akan dibangun setinggi 16 - 40 lantai dengan luas beragam mulai tipe 36, 54, 80, 120 hingga 400 m2. Di Rusun ini akan tersedia Ruang terbuka Hijau, serta fasilitas umum dan sosial sepeti sarana pendidikan, Posyandu, taman bermain, tempat peribadatan serta pusat perbelanjaan serta pelayanan umum lainnya. Sedangkan untuk Rusun PNS Tingkat Provinsi di rencanakan dibangun 12 lantai dengan jumlah unit per lantai 20 unit dan Rusun PNS tingkat Kabupaten setinggi delapan lantai dengan jumlah unit per lantai 20 unit dengan luas 36 m2.

“Pemanfaatan tanah negara di Kemayoran seluas 13 hektar untuk tempat tinggal PNS merupakan bukti perhatian Presiden terhadap peningkatan kesejahteraan PNS serta sebagai kenangan yang monumental kepada para abdi negara yang telah mengabdi kepada negara Indonesia. Sedangkan biaya untuk membangun Rusun tersebut akan diupayakan menggunakan dana dari Bapertarum PNS dan nantinya PNS bisa memilikinya dengan memanfaatkan KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang bunganya rendah dan tetap selama masa angsuran,” jelasnya.

Dasar hukum pembangunan Rusun tersebut adalah Nota Kesepahaman (MoU) antara Menteri Dalam Negeri dan Menteri Perumahan Rakyat Nomor 648/118/SJ dan Nomor 29/SKB/M/2012 tentang Percepatan Pemenuhan Perumahan Dan Kawasan Permukiman Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Dan juga adanya Nota Kesepahaman (MoU) antara Menteri Perumahan Rakyat dan Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nomor 12/SKB/M/2013 dan Nomor MoU-02/KU/DPKN/III/2013 tentang Penyediaan Rumah Umum Yang Layak Dan Terjangkau Bagi Anggota Korpri.

Maksud dari pembangunan Rusun bagi PNS tersebut adalah untuk memberikan fasilitas dan kemudahan kepada para PNS di seluruh Indonesia dalam rangka memenuhi kebutuhan rumah.  Sedangkan tujuannya yaitu merealisasikan Percepatan Pembangunan Rumah Susun sesuai Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 2013, mempersingkat jarak tempuh antara tempat tinggal PNS dan tempat kerja, memperkecil biaya transportasi, dan mengurangi kemacetan lalu lintas, meningkatkan produktivitas kerja, kesejahteraan dan kualitas hidup PNS. 

“Untuk mempermudah pelaksanaan pembangunan Rusun bagi PNS di pusat dan daerah maka pemerintah pusat dan daerah diharapkan bisa ikut menyiapkan lahan untuk pembangunan perumahan bagi PNS tersebut. Untuk pembangunan Rusun PNS di daerah lokasinya ditentukan oleh Pemda setempat,” tegasnya.

 

 

Sumber: kemenpera

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita