325 Selasa, 01 Juli 2014 | 12:54:26

Target Pemerintah mengentaskan permukiman kumuh

Target Pemerintah mengentaskan permukiman kumuh

Pemerintah pusat menargetkan untuk menghilangkan permukiman kumuh pada tahun 2019, untuk mewujudkannya akan melakukan segala upayanya. Dirjen Cipta Karya Kementrian PU, Imam S. Ernawi menuturkan bahwa yang pertama dilakukan adalah meminta daerah memberikan peta pemukiman kumuh di tempat mereka.

Peta pemukiman tersebut akan dijadikan patokan untuk program yang terintegrasi. Untuk itu, pemerintah pusat memberikan waktu untuk para kabupaten/kota memberikan datanya pada bulan juni lalu.

Untuk pengentasan pemukiman kumuh, pemerintah membutuhkan dana yang bisa mencapai Rp 200 triliun, dan dana tersebut dibutuhkan dalam lima tahun kedepan.

Sementara itu ditempat terpisah, Plt DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memperkirakan pemindahan permukiman padat di Ibu Kota membutuhkan waktu 10 tahun. Ahok menilai bahwa mengubah pemikiran warga lah yang tersulit saat memindahkan pemukiman.

Warga di pemukiman padat menurut ahok enggan pindah ke rumah susun sederhana, walaupun sudah diberikan subsidi. Alasannya adalah hampir semua warga di permukiman padat tidak membayar tagihan listrik dan air.

Bahkan mereka mengabaikan keamanan dan keselamatan dengan menyambungkan listrik secara ilegal. "yang penting menurut mereka tak perlu membayar", kata Ahok. Penolakan kata Ahok muncul karena warga harus membayar tagihan listrik dan air pada saat tinggal di rumah susun.

Sumber : Suara Merdeka, Tempo

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita