326 Jum'at, 20 Juni 2014 | 10:47:14

Berapakah Harga Properti di Gang Dolly?

Berapakah Harga Properti di Gang Dolly?gambar : detik

Gang Dolly yang sebelumnya dikenal sebagai kompleks lokalisasi yang besar akhirnya resmi ditutup pada tanggal 18 Juni 2014 kemarin. Dengan sejarahnya yang seperti itu, dan popularitasnya sudah dikenal banyak orang, tapi berapakah harga properti di kawasan tersebut?

Dari Koordinator Marketing Kantor Ray White Mulyosari Surabaya, Haryanto menuturkan bahwa harga tanah di Jl Jarak (Gang Dolly) dan area sekitarnya adalah berkisar diantar Rp 3 Juta sampai Rp 4 juta per meter persegi, dan harga properti bisa mencapai Rp 2 juta meter persegi. Jadi bisa dihitung untuk rumah yang berukuran 45/60 meter persegi adalah sekitar Rp 300 jutaan. Dan di pasar sekunder adalah Rp 400 juta.

Namun, ternyata pertumbuhan harga di Gang Dolly dan jl Jarak masih kalah dari daerah tetangganya seperti dari jl Banyuurip, Pasar kembang. Padahal jarak mereka cukup dekat, namun harga lahan di jl Banyuurip misalnya, sudah mencapai harga Rp 8 juta permeter persegi. Sedangkan propertinya bisa mencapai 4 juta meter persegi.

Perlambatan harga dari gang Dolly ini disebabkan oleh citra Gang Dolly sendiri yang sudah sangat dikenal sebagai tempat lokalisasi prostitusi. Sehingga mencitrakan negatif di mata calon konsumen properti.

"Merekat tidak terlalu tertarik membeli properti disana. Jangankan membeli, melihat-lihat saja harus sembunyi-sembunyi," kata Haryanto.

Haryanto menceritakan juga proses pembelian gang Dolly, bahwa dari pasar sekunder, properti yang didaftarkan selalu ada tiap tiga bulan sekali. Setidaknya ada lima rumah yang diajukan kepada penjual untuk dijual kembali.

Tetapi ternyata rumah tersebut ditarik lagi oleh pemiliknya dari penjualan. "Tak ada satupun calon konsumen yang melirik" tutur Haryanto.

Dengan citra Gang Dolly yang negatif menyebabkan orang pun segan untuk memiliki rumah disana. Penjual properti juga sangat mengharapkan bahwa dengan ditutupnya lokalisasi prostitusi dan dikonversi menjadi sentra ekonomi UKM, bisa mengembalikan citra Gang Dolly dan geliat transaksi properti bisa bertambah ramai lagi.

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita