208 Selasa, 17 Juni 2014 | 15:43:32

Percepat Proyek Akses Tol Priuk

Percepat Proyek Akses Tol Priuk

Puluhan bidang lahan serta bangunan yang ada di Kelurahan Kalibaru dan Kelurahan Koja rencananya akan dibuat Akses Tol Priuk atau ATP. Hal ini tentu mengakibatkan adanya penertiban demi terealisasinya proyek ATP ini. Bangunan-bangunan yang berada di kawasan tersebut sudah dibayar oleh pihak pemerintah, tetapi sampai sekarang penertiban dan pengerjaan proyek belum dilakukan. Hal ini dikarenakan Surat Keputusan Gubernur yang belum turun. Kedaan ini tentu menghambat percepatan pembangunan fisik ATP.


Sekretaris Kota Jakarta Utara, Junaedi, mengatakan bahwa pihaknya telah mengeluarkan surat pemeberitahuan pada Selasa minggu lalu, tetapi hanya diberikan pada 2 orang pemilik bangunan yang ada di kawasan tersebut. Karena mereka sudah menerima uang ganti atas proyek tersebut sejak pertengahan April, namun saat ini belum juga melakukan pembongkaran.


"Sesuai yang dikeluarkan Dinas Perumahan, dibayarkan dengan kategori non hunian. Seharusnya, 14 hari setelah dibayar mereka membongkar sendiri bangunannya, namun sampai sekarang belum," ujarnya.


Saat ini Kelurahan Koja, Kecamatan Koja sendiri masih tersisa 44 bidang lahan dengan pemiliknya sebanyak 39 orang. Di Kelurahan Kalibaru, Cilincing kini tersisa 11 bidang lahan dengan 11 pemilik. Total di dua kelurahan tersebut ada 55 bidang yang luasnya mencapai 4.000 meter persegi.


Junaedi menambahkan, pihaknya sudah mengirim surat ke tingkat provinsi mengusulkan SK Gubernur agar pembangunan fisik ATP bisa dipercepat. Karena untuk melakukan penertiban bangunan serta lahan yang berdampak pada publik, harus dengan menggunakan SK Gubernur. Hal itu sesuai dengan ketentuan Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) No 3 tahun 2007 pasal 67.


"Baru setelah SK itu terbit, pihak walikota akan menindaklanjuti dengan Surat Perintah Bongkar (SPB). Karena belum ada SK, kita baru mengeluarkan surat pemberitahuan yang mengimbau pemilik membongkar bangunan sendiri," katanya, Senin (16/6).


Sumber: Berita Jakarta

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita