491 Selasa, 17 Juni 2014 | 11:08:30

Harga Tanah Tertinggi di Indonesia

Harga Tanah Tertinggi di IndonesiaKota Jakarta

Properti-properti yang dibangun di Indonesia kini  memiliki ragam yang banyak. Ada yang dibangun demi kesejahteraan rakyatnya, ada pula yang dibangun demi kepentingan komersil seperti hunian-hunian mewah yang kini marak di Ibu Kota. Nyatanya properti-properti mahal itu membuat tanah atau lahan di kawasan tersebut juga ikut naik seiring dengan kemewahannya. Jakarta contohnya, kini Jakarta menjadi kota yang memiliki harga properti paling mahal di Indonesia. Tak heran jika hal ini terjadi karena pusat kegiatan ekonomi dan pembangunan banyak dilakukan di Jakarta.


Namun, ternyata tak hanya Jakarta yang dinilai memiliki harga tanah yang tinggi, ada beberapa kota lain yang harga tanahnya bersaing dengan Jakarta. Dikutip dari survey yang dibuat Lamudi, Selasa, kini harga tanah di Jakarta mencapai angka Rp24,6 juta per meter persegi dengan tingkat fluktuasi 13 persen. Lamudi juga melakukan survey terhadap properti-properti mewah yang ada di Indonesia.


Surabaya sebagai ibu kota Provinsi Jawa Timur, harga lahannya tak berbeda jauh dengan Jakarta,tercatat harga tanah di Surabaya mencapai angka Rp21 juta per meter persegi dengan fluktuasi hingga 8 persen. Setelah Surabaya, ada kota Manado dengan harga lahannya menginjak angka Rp16 juta per meter persegi. Lalu di posisi selanjutnya, ada kota Tangerang yang letaknya tidak jauh dari Ibu Kota, harga lahannya kini tercatat Rp15,9 juta per meter persegi dengan fluktuasi  sebesar 10 persen.


Depok menduduki posisi kelima dengan harga tanah tertinggi di Indonesia, kini harga tanah di depok sampai di angka Rp15,2 juta per meter persegi dengan tingkat fluktuasi 8 persen. Setelah Depok, ada kota Semarang, ibu kota provinsi Jawa Tengah ini harga tanahnya berkisar di angka Rp14,8 juta per meter persegi dengan angka fluktuasi 15 persen. Setelah Semarang, ada kota Bekasi yang jaraknya juga tak jauh dengan Jakarta, harga lahannya kini mencapai Rp14,2 juta per meter persegi tak berbeda jauh dengan Semarang, dengan fluktuasi 8 persen.


Tak hanya berada di Pulau Jawa, kota dengan lahan termahal di Indonesia juga ada di Kalimantan, yaitu Balikpapan dengan harga tanah Rp11 juta per meter persegi dengan fluktuasi 18 persen. Lalu Bogor dengan harag tanah Rp11 juta per meter persegi dan fluktuasi 19 persen. Kemudian disusul Samarinda dengan harga tanah Rp10,3 juta per meter peersegi, fluktuasinya 7 persen. Setelah itu ada Kendari Rp9,3 juta per meter persegi fluktuasi 4 persen dan Medan dengan harga Rp7,9 juta per meter persegi dengan fluktuasi 9 persen.


Sumber: Okezone

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita