368 Senin, 16 Juni 2014 | 15:12:56

Atasi Kemacetan, Batam Bangun Tol

Atasi Kemacetan, Batam Bangun Tol

Kota Batam berada di Kepulauan Riau saat ini dikenal dengan letaknya yang strategis untuk jalur pelayaran kelas internasional. Hal ini membuat kegiatan ekonomi serta distribusi di kota Batam selalu meningkat. Laju pertumbuhan ekonominya pun lebih tinggi dibanding dengan laju pertumbuhan ekonomi nasional. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang diberikan kepada Batam, membuat kota ini harus melakukan berbagai bentuk pembangunan yang berkesinambungan, terlebih di segi infrastruktur bangunan.


Kota Batam juga menjadi andalan bagi Indonesia dalam program MEA tahun 2015 mendatang karena posisinya yang strategis untuk jalur pendistribusian. Oleh karena itu, Badan Pengusahaan Batam akan  membuat jalan tol yang nantinya akan menghubungkan pelabuhan dengan kawasan industri. Pembangunan ini tentu sebagai pemacu status kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas di daerah tersebut.


Selain untuk mempercepat jalur distribusi di kawasan Batam, kini Batam juga dilanda oleh masalah kemacetan karena banyaknya permintaan atas kendaraan bermotor. Nantinya proyek jalan tol ini bisa menjadi solusi kepadatan serta kemacetan yang kini terjadi di Batam. Pembangunan jalan tol ini ditargetkan akan dimulai pada tahun 2014 dan bisa mulai beroperasi tahun 2016. Diperkirakan tol sepanjang 25 kilometer ini akan mengahabiskan dana Rp1,2 triliun sampai Rp1,6 triliun, angka ini disebutkan oleh Badan Pengusahaan Batam.


Sebelumnya rencana ini juga telah disampaikan kepada Menteri Koordinator Perekonomian oleh Badan Pengusahaan Batam. Jalan Tol nantinya diharapkan bisa memberikan solusi kemacetan serta mempercepat arus pendistribusian dari kawasan industri ke pintu masuk barang.


Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas Badan Pengusahaan Batam, Dwi Djoko Wiwoho, menyatakan pihaknya kini hanya menunggu Keputusan Presiden untuk pembangunan jalan tol ini karena SK dari Menteri Pekerjaan Umum sudah berada di tangan. Badan Pengusahaan Batam meminta waktu satu tahun untuk persiapan fisik pembangunan, tentunya setelah Keputusan Presiden turun.


Sumber: Berita Daerah

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita