159 Senin, 16 Juni 2014 | 11:00:51

Perbaikan Trotoar di Jakarta Barat

Perbaikan Trotoar di Jakarta BaratReuters

Bagi warga pejalan kaki sudah seharusnya bisa menikmati fasilitas trotoar yang ada di Jakarta ini. Namun, keadaanya berbeda ketika di lapangan. Pejalan kaki kini juga harus “berebut” trotoar dengan pengendara sepeda motor, bahkan mobil. Ketidaknyamanan kemudian membuat pejalan kaki merasa direpotkan dengan keadaan ini. Sudah seharusnya Pemerintah Provinsi membenahi trotoar demi tercapainya kelayakan jalan.


Beberapa tahun terakhir Pemprov DKI tengah melakukan perbaikan-perbaikan trotoar yang ada di beberapa jalan protokol Ibu Kota demi kenyamanan pejalan kaki. Suku Dinas Pekerjaan Umum (PU) Jalan Jakarta Barat, juga akan melakukan perbaikan di 20 trotoar yang ada di Jakarta Barat. Karena berdasarkan data inventarisasi Kepala Sudin PU Jalan Jakarta Barat, Sisca Hermawati, Jakarta Barat dinyatakan sebagai wilayah yang jauh dari kelayakan bagi pejalan kaki. Pasalnya masih banyak trotoar yang dimanfaatkan oleh pedagang kaki lima (PKL) untuk berjualan. Selain itu, banyaknya trotoar yang rusak akibat dari pengendara motor yang nekat memberlakukan trotoar sebagai jalan pintas alami kemacetan.


 “Saat ini umumnya keberadaan trotoar di Jakarta Barat, memang masih jauh jika dikatakan kota layak jalan. Tapi kami optimis dengan dilakukan perbaikan dan pengerjaan baru trotoar, Jakarta Barat akan menjadi kota layak jalan,” ujar Sisca.


Nantinya sejumlah trotoar yang akan diperbaiki, yaitu meliputi wilayah Palmerah, Nurdin, Fajar Baru, Kembangan Lama, Peta Utara, H Kelik, Kamboja, Kedoya Raya, Tanjung Duren Barat, Lontar, Anggrek Garuda, Neli Murni, Tanjung Duren Barat VI, Dr Susilo III RW 03, Dr Semeru, Jl Kemanggisan Utama Raya, dan Dr Susilo. Anggaran yang sudah disiapkan untuk perbaikan trotoar ini sebesar Rp29 miliar yang berasal dari dana APBD DKI Jakarta 2014.


Namun, sampai saat ini Sisca menjelaskan pihaknya belum tahu kapan perbaikan ini akan dikerjakan. Hal itu disebabkan karena 20 paket kegiatan trotoar ini masih dalam tahap pengkajian oleh Unit Lelang Pengadaan Barang dan Jasa (ULP) yang dilakukan satu pintu di Pemprov DKI.


Sumber: Berita Jakarta

📄 View Comment

Tulis Komentar

4 Komentar

  1. image
    Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Berita Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Berita